Sukses

Libya Lolos, Nigeria dan Afsel Tersingkir

Di tengah kecamuk perang Libya melangkah ke Piala Afrika 2012. Sementara itu, dua tim yang disegani di Benua Hitam: Nigeria dan Afrika Selatan harus menelan kenyataan pahit tidak ikut berlaga di putaran final.

Liputan6.com, Chingola: Di tengah kecamuk perang saudara, Libya menorehkan tinta emas di lapangan hijau. Libya yang menahan imbang tuan rumah Zambia tanpa gol di Chingola berhak atas tiket ke putaran final Piala Afrika 2012 di Gabon dan Guinea Equator dengan predikat salah satu runner-up terbaik. Zambia sendiri lolos sebagai juara Grup C.

Lolos bersama kedua negara tersebut yakni Angola, Ghana, Guinea, Mali, Niger, dan Tunisia. Kejutan besar ditorehkan Niger. Negara kecil di peta persepakbolaan Afrika itu lolos dari Grup G yang dihuni tim-tim unggulan seperti Afrika Selatan dan juara bertahan Mesir.

Mesir yang sudah pasti diri gagal memberi pukulan telak bagi Niger di partai terakhir lewat kemenangan 3-0. Namun hasil itu tidak memberi pengaruh bagi Niger karena di pertandingan lain Afsel hanya bermain imbang 0-0 melawan Sierra Leone. Meski berjumlah poin sama dan unggul selisih gol, Afsel harus menelan kenyataan pahit kalah head to head dari Niger.

Kejutan tidak kalah menghebohkan terjadi di Grup B. Nigeria yang merupakan salah satu tim paling disegani di Benua Hitam harus tersingkir. Adalah Guinea yang keluar sebagai juara grup usai menahan imbang Nigeria 2-2 di Abuja. Ibrahima Traore menjadi pahlawan Guinea melalui golnya di menit terakhir laga.

Delapan negara yang memastikan lolos hari ini akan bergabung dengan Gabon dan Guinea Equator selaku tuuan rumah, serta Botswana, Burkina Faso, Pantai Gading, dan Senegal. Dua tempat lainnya masih tergantung dari partai terakhir di Grup D. Maroko dan Afrika Tengah untuk sementara memimpin dengan sama-sama mengoleksi delapan poin. Kemudian Tanzania dan Aljazair mengintip peluang dengan raihan lima poin.(DIM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini