Sukses

Maroko dan Sudan Lengkapi Finalis

Maroko dan Sudan melengkapi daftar finalis yang berhak bertanding di putaran final Piala Afrika 2012. Maroko tampil sebagai juara Grup D sementara Sudan mendampingi Libya sebagai dua runner-up terbaik.

Liputan6.com, Johannesburg: Maroko dan Sudan melengkapi daftar finalis yang berhak bertanding di putaran final Piala Afrika 2012 yang akan berlangsung di Gabon dan Equatorial Guinea pada 21 Januari-12 Februari mendatang. Lions of the Atlas, jurukan Maroko, berhak meraih tiket otomatis menyusul keberhasilannya menjadi juara Grup D fase penyisihan grup. Sementara, Falcons of Jediane, julukan Sudan, mendampingi Libya sebagai dua runner-up grup terbaik.

Maroko memuncaki klasemen Grup D usai di partai terakhir meraih kemenangan meyakinkan 3-1 (1-1) atas tamunya Tanzania dalam laga yang berlangsung di Stade de Marrakech, Minggu (9/10). Tiga gol kemenangan Maroko dicetak striker Arsenal Marouane Chamakh di menit ke-20, Adel Taarabt di menit ke-69, dan Mbark Boussoufa di pengujung laga. Gol balasan Tanzania dihasilkan Kwa Sadala di menit ke-40.

Dengan hasil ini, Maroko mengumpulkan 11 poin atau unggul tiga angka dari Republik Afrika Tengah  yang pada saat bersamaan harus mengakui keunggulan tuan rumah Aljazair 0-2 langsung. Kedua gol kemenangan The Desert Warriors dicetak Hassan Yebda di menit pertama dan Foued Kadir di menit ke-28.

Sementara itu, Sudan lolos tanpa perlu bertanding. Meski di partai terakhir menelan kekalahan 0-2 dari Ghana, Sabtu (8/10), Falcons of Jediane tetap menempati posisi runner-up Grup I dengan jumlah 13 poin. Melihat komposisi klasemen di grup lain, Sudan dan Libya berhak lolos ke putaran final.

Dengan demikian, selain tuan rumah Gabon dan Equatorial Guinea, 14 tim yang akan bertanding di putaran final adalah: Angola, Botswana, Burkina Faso, Ghana, Guinea, Mali, Maroko, Libya, Niger, Pantai Gading, Senegal, Sudan, Tunisia, dan Zambia.(MEG/Reuters)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.