Sukses

Dibekuk Qatar, Kans Timnas Kian Tipis

Timnas Indonesia menelan kekalahan untuk ketiga kalinya berturut-turut. Tim Garuda dibekuk Qatar 2-3 (2-2) di kandang sendiri yang kian menipiskan peluang Indonesia lolos ke putaran keempat kualifikasi Piala Dunia 2014.

Liputan6.com, Jakarta: Timnas Indonesia menelan kekalahan untuk ketiga kalinya berturut-turut. Pada partai ketiga putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2014 Grup E, Tim Garuda dibekuk Qatar 2-3 (2-2) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/10) malam. Hasil ini semakin menipiskan peluang Indonesia melaju ke putaran beriutnya.

Jelang kick-off, GBK diguyur hujan lebat. Namun hujan itu tidak mampu memberi berkah bagi Bambang Pamungkas dkk. Gawang Indonesia sudah jebol ketika permainan berjalan 14 menit. Pergerakan Khalfan Ibrahim tidak terbendung dan umpannya diselesaikan dengan dingin oleh Abdulaziz Al Sulati lewat sepakan kaki kiri.

Indonesia memiliki peluang menyamakan kedudukan tiga menit kemudian, tapi gagal dimanfaatkan Bambang. Pada menit ke-18, kapten Timnas ini juga menyulitkan penjaga gawang Qatar dengan sepakan mendatarnya. Serangan Indonesia berhasil ketika Cristian Gonzales mengkonversi bola rebound hasil tembakan keras Bepe, panggilan Bambang Pamungkas, di menit ke-27.

Namun selang lima menit, Ibrahim mampu mengembalikan keunggulan Qatar menjadi. Playmaker Qatar ini menunjukkan kejeliannya ketika melepaskan tendangan menggantung yang melewati Ferry Rotinsulu di menit 32. Indonesia tertinggal 1-2.Tim asuhan Wim Rijsbergen merespon cepat. Gonzales yang akrab disapa El Loco itu membelokkan sepakan Supardi yang ikut baik membantu penyerangan di menit ke-35. Indonesia 2, Qatar 2.

Mengawali babak kedua, permainan Timnas lebih agresif. El Loco nyaris nyaris menciptakan hat-trick di menit ke-50 ketika menerima umpan terobosan Purwaka Yudi. Sayang sepakannya melayang di atas sasaran. Ketika asyik menyerang, pertahanan Indonesia menciptakan lubang. Lagi-lagi Ibrahim menjadi otak di balik gol Qatar. Umpan terukurnya tanpa cela dituntaskan Mohammed Razak memasuki menit ke-77. Indonesia tertinggal 2-3.

Gol tersebut sepertinya meruntuhkan mental anak-anak Timnas. Rijsbergen coba mengubah arah angin dengan memasukkan Ahmad Bustomi dan Yongki Aribowo, tapi Qatar telah lebih siap meredam. Pun, serangan Indonesia terkesan kurang matang dibangun. Hingga wasit Abdul Malik Bashir meniup peluit panjang skor tetap 2-3 untuk Qatar.

Dengan hasil ini, Indonesia belum mampu memecahkan telur. Mereka tetap bercokol di posisi terbawah Grup E dari hasil tiga kekalahan. Qatar, berkat hasil ini, untuk sementara berada di puncak dengan torehan lima poin, sebelum laga Iran versus Bahrain yang juga dimainkan hari ini berakhir.(DIM)

Susunan pemain:
Indonesia: Ferry Rotinsulu; Zulkifli Syukur, Purwaka Yudi (Ahmad Bustomi 76), Muhamad Roby, Supardi, Hamka Hamzah (kk) (Yongki Aribowo 88), Firman Utina (kk) (Hariono 80), Muhammad Ilham, Muhammad Ridwan, Bambang Pamungkas (kk), Cristian Gonzales.
Qatar: Baba Malick, Ibrahim Majed (kk), Mohamed Musa (kk) (Mesaad Al Hamad 82), Bilal Mohamed, Mohamed El Sayed, Abdulaziz Al Sulaiti (Hasan Al Haydos 74), Mohamed Omar (kk), Marcone Amaral, Khalfan Ibrahim, Wesam Rizik, Muhammed Razak (Andres Quintana 84).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.