Sukses

Denmark Paksa Portugal Lewat Jalur Play-Off

Lewat pertandingan yang ketat Denmark memenuhi ambisinya menjadi juara grup usai menundukkan Portugal 2-1 (1-0). Dengan hasil ini, Cristiano Ronaldo dkk harus puas melalui play-off.

Liputan6.com, Kopenhagen: Denmark memenuhi ambisinya menjadi juara Grup H kualifikasi Euro 2012 alias tiket otomatis ke putaran final di Polandia-Ukraina, Juni-Juli mendatang. Di partai terakhir yang berlangsung di Parken Stadium, Kopenhagen, Selasa (11/10) malam waktu setempat atau Rabu (12/10) dinihari WIB, Tim Dinamit berhasil menundukkan rival terberat Portugal 2-1 (1-0).

Dua gol kemenangan Denmark dicetak Michael Krohn-Delhi di menit ke-13 dan Nicklas Bendtner di menit ke-63. Portugal baru berhasil memperkecil ketinggalan lewat gol dari tendangan bebas yang dilakukan Cristiano Ronaldo di dua menit injury time.

Dengan hasil ini, Denmark tampil sebagai juara grup dengan jumlah 19 poin atau unggul tiga angka dari Portugal yang beruntung masih berpeluang lolos ke putaran final melalui jalur play-off. Ronaldo dkk menduduki peringkat kedua alias runner-up berkat keunggulan selisih gol dari Norwegia yang sama-sama mengoleksi 16 poin. Mengacu pada head-to-head, Portugal dan Norwegia sama-sama mengoleksi 3 poin dan selisih gol yang sama pula, memasukkan satu gol dan kemasukan satu gol.

Di waktu yang bersamaan, bermain di kandang sendiri, Ullevaal Stadion, Oslo, Norwegia menang 3-1 (3-0) dari Siprus. Tiga gol kemenangan Norwegia dicetak Morten Gamst Pedersen di menit ke-24, John Carew di menit ek-34, dan Tom Hogli di menit ke-64. Sementara, gol satu-satunya balasan Siprus dicetak Yiannis Okkas tiga menit jelang babak pertama berakhir.(MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini