Sukses

Spanyol Singkirkan Skotlandia

Pupus sudah asa Skotlandia melaju ke putaran final Euro 2012. Di partai terakhir, Tartan Army digebuk Spanyol 1-3 (0-2). Posisi runner-up grup diambil alih Republik Ceska yang menggilas Lithuania 4-1.

Liputan6.com, Alicante: Spanyol mempertahankan rekor sempurna di babak penyisihan Grup I kualifikasi Euro 2012. Di partai pamungkas yang berlangsung di Estadio Jose Rico Perez, Alicante, Selasa (11/10) malam waktu setempat atau Rabu (12/10) dinihari WIB, La Furia Roja yang berstatus juara bertahan tanpa mendapat kesulitan yang berarti menundukkan Skotlandia 3-1 (2-0).

Gelandang serang Manchester City David Silva menjadi bintang kemenangan Spanyol. Selain mencetak dua gol di menit kelima dan menit ke-43, Silva membuat satu assists bagi striker Barcelona David Villa yang membubuhkan namanya di papan skor lewat golnya di menit ke-53. Tartan Army mendapat gol hiburan lewat eksekusi penalti David Goodwillie di menit ke-66.

Dengan hasil ini, Spanyol menyamai prestasi Jerman, yaitu mencatat rekor 100 persen kemenangan, mengumpulkan 24 poin hasil dari delapan kali pertandingan. Sebaliknya, kekalahan ini membuat peluang Skotlandia menjaga peluang lolos ke putaran final pupus. Posisinya di peringkat kedua grup diambil alih Republik Ceska yang mengumpulkan 13 poin atau unggul dua angka dari Darren Fletcher dkk.

Pada saat bersamaan, Republik Ceska yang tampil dengan 10 pemain dalam 25 menit terakhir, berhasil meraih kemenangan penting 4-1 (3-0) atas tuan rumah Lithuania dalam laga yang digelar di S.Darius and S.Girenas Stadium, Kaunas. Michal Kadlec dan Jan Rezek masing-masing memborong dua gol dari empat gol kemenangan Republik Ceska. Gol semata wayang balasan tuan rumah dihasilkan lewat eksekusi penalti Darvydas Sernas di menit ke-68.(MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.