Sukses

Siapa Lawan Portugal?

Sepuluh negara lolos ke putaran final Euro 2012. Delapan negara lainnya harus berjibaku di fase play-off mencari empat tiket tersisa. Siapa lawan yang bakal dihadapi Cristiano Ronaldo dkk?

Liputan6.com, Nyon: Putaran final Euro 2012 yang akan berlangsung di Polandia-Ukraina, Juni-Juli mendatang, akan diikuti 16 negara. Dengan dua tiket dipastikan milik tuan rumah bersama, 14 tiket lainnya diperebutkan melalui jalur kualifikasi.

Dengan usainya fase penyisihan grup semalam, sebanyak 10 negara dipastikan telah memastikan diri berhak bertanding di babak putaran final. Sementara, empat tiket lainnya masih diperebutkan oleh delapan negara yang akan bertanding di putaran play-off yang bakal dilangsungkan dalam dua partai (leg). Laga pertama akan digelar 11-12 November, sementara partai kedua akan berlangsung 15 November 2011.

Kesepuluh negara tersebut adalah Jerman (juara Grup A), Rusia (juara Grup B), Italia (juara Grup C), Prancis (juara Grup D), Belanda (juara Grup E), Yunani (juara Grup F), Inggris (juara Grup G), Denmark (juara Grup H), Spanyol (juara Grup I), dan Swedia yang menjadi runner-up grup terbaik dari Grup E.

Sementara, delapan negara lainnya yang menduduki posisi runner-up grup dan masih harus berjuang di fase play-off adalah Turki (Grup A), Republik Irlandia (Grup B), Estonia (Grup C), Bosnia-Herzegovina (Grup D), Kroasia (Grup F), Montenegro (Grup G), Portugal (Grup H), dan Republik Ceska (Grup I).

Seperti yang dilansir UEFA di laman resminya, kedelapan negara tersebut bakal dibagi ke dalam dua pot, yang terdiri dari negara unggulan dan non-unggulan. Koefisien timnas bakal menentukan negara-negara mana saja yang bakal dimasukkan ke dalam pot unggulan (seeding). Pun begitu pula sebaliknya. Yang masuk dalam pot pertama atau unggulan mendapat keistimewaan yaitu melakoni laga (leg) kedua di kandang sendiri.

Dari kedelapan negara tersebut, sesuai dengan ranking sementara UEFA, empat negara bakal masuk dalam pot unggulan, yaitu Kroasia, Portugal, Republik Ceska, dan Turki. Dengan demikian, andai koefisien timnas ala UEFA tidak berubah, maka lawan Cristiano Ronaldo dkk di babak play-off adalah salah satu dari empat negara yang termasuk pot non-unggulan, yaitu Republik Irlandia, Bosnia-Herzegovina, Montenegro, dan Estonia.

Drawing atau pengundian akan dilakukan UEFA di Hotel Sheraton, Krakow, Polandia, pada Kamis (13/10) besok. (MEG/UEFA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini