Sukses

Favorit Jawara di Mata Prandelli

Pelatih Italia Cesare Prandelli menunjuk tiga tim elite di Eropa: Spanyol, Jerman, dan Belanda, sebagai kandidat jawara di putaran final Euro 2012 yang akan berlangsung di Polandia-Ukraina.

Liputan6.com, Roma: Babak kualifikasi Euro 2012 telah usai. Sebanyak 10 negara, sembilan di antaranya berstatus juara grup di fase penyisihan, memastikan diri telah meraih tiket melaju ke putaran final yang akan berlangsung di Polandia-Ukraina pada 8 Juni sampai 1 Juli mendatang. Dari kesepuluh negara tersebut, salah satunya adalah juara Piala Dunia (PD) 2006 Italia.

Di bawah racikan mantan pelatih Fiorentina, Cesare Prandelli yang ditunjuk menangani Gli Azzurri per 1 Juli 2010 menggantikan Marcelo Lippi, Italia memastikan diri lolos ke putaran final di matchday kedelapan usai mengalahkan Slovenia 1-0 lewat gol tunggal Giampaolo Pazzini lima menit sebelum pertandingan usai, 6 September lalu.

Meski demikian, Prandelli menilai Andrea Pirlo dkk bukanlah tim yang pantas difavoritkan untuk menjadi jawara Eropa. Prandelli menunjuk tiga negara elite: Spanyol, Jerman, dan Belanda, yang pantas diunggulkan menjadi jawara Euro 2012. Patokannya, menurut Prandelli, kinerja ketiga tim di babak kualifikasi dan pola permainan yang ditampilkan.

“Tanpa diragukan lagi, Spanyol bersama-sama Jerman dan Belanda, merupakan tim terbaik di antara kontestan lainnya. Buktinya, hasil yang mereka peroleh di babak kualifikasi. Terutama, cara mereka mendapatkannya,” puji Prandelli. “Ketiga tim tersebut telah mencapai kematangan dalam bermain. Mereka sangat siap bertanding di putaran final, baik secara teknik maupun mental,” imbuhnya.

Walaupun mengunggulkan ketiga negara tersebut, Prandelli menegaskan jika tim asuhannya dan Inggris tak dapat dipandang remeh dan pantas dijadikan kuda hitam di Euro 2012. “Selain ketiga tim di atas, ada tim-tim yang mulai berkembang dan pantas jadi pesaing, seperti Italia dan Inggris. Saya sangat yakin jika turnamen nanti bakal berjalan dengan kompetitif,” terang Prandelli yang mengaku puas dengan progres yang diraih Italia.

“Masih banyak yang harus kami benahi dan perbaiki. Namun, sejujurnya saya sangat puas dengan hasil yang telah diraih. Saya tidak menyangka kami bakal meraih hasil gemilang secepat ini,” tegasnya. Pada 11 November mendatang, Prandelli bakal membawa Gli Azzurri bertanding di laga persahabatan melawan Polandia di Wroclaw. Empat hari kemudian, Italia akan menjamu Uruguay di Roma.(MEG/Goal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini