Sukses

Digulung Qatar, Indonesia Tersingkir

Peluang Indonesia melangkah ke babak keempat kualifikasi PD 2014 Zona Asia sirna. Tim Garuda masuk kotak setelah digulung Qatar empat gol tanpa balas di Doha.

Liputan6.com, Doha: Peluang Indonesia melangkah ke babak selanjutnya sirna. Qatar memaksa tim Garuda masuk kotak setelah membukukan kemenangan meyakinkan 4-0 pada partai lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2014 Grup E di Doha, Jumat (11/11) malam waktu setempat.

Pelatih Wim Rijsbergen membuat kejutan dengan memercayakan gawang Indonesia dijaga kiper veteran Hendro Kartiko.  Pun tidak ada nama Cristian Gonzales, Ahmad Bustomi, Muhammad Nasuha, dan Muhammad Ilham dalam starting eleven.

Qatar tak  menerapkan permainan dengan tempo tinggi. Mereka  bermain efektif mengingat empat hari kemudian akan melakoni partai krusial menjamu Bahrain. Namun Qatar tetap gencar menyerang pertahanan Indonesia dan akhirnya membuahkan hasil saat permainan berlangsung setengah jam. Gol pembuka kemenangan Qatar dilesakkan Mohammed Razak melalui tendangan voli kaki kanan.

Tiga menit kemudian Indonesia diganjar penalti menyusul pelanggaran Hamka Hamzah yang mendorong Mesaad Al-Hamad. Eksekusi yang  dilepaskan Khalfan Ibrahim tak mampu dihadang Hendro. Qatar memimpin 2-0. Namun, sebelum babak pertama berakhir Indonesia sempat mengancam gawang tuan rumah dua kali. Pertama ketika cocoran Tony Sucipto masih mengenai kaki kiper Baba Malick dan kemudian tendangan keras Boaz Solossa yang menerpa tiang gawang di menit ke-43.

Rijsbergen melakukan perubahan di babak kedua, memasukkan Mahyadi Panggabean untuk menggantikan Supardi. Sementara itu El Loco Gonzales juga masuk. Namun formasi ini tetap tak mampu membobol gawang lawan. Qatar justru menambah keunggulan menjadi 3-0 ketika Khalfan mencetak gol keduanya lewat tendangan mendatar kaki kanan pada menit ke-63.

Andres Quintana menggenapi kemenangan menjadi 4-0 di injury time setelah lolos dari offside. Kekalahan ini memastikan Indonesia “masuk kotak” tanpa satu poin pun dikoleksi dari empat partai yang telah dimainkan. Qatar, sementara itu menempel Iran di posisi pertama dengan perolehan sama delapan poin.(DIM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini