Sukses

Gabon dan Tunisia ke Perempat Final

Gabon mengikuti jejak tuan rumah bersama lainnya, Guinea Khatulistiwa lolos ke fase perempat final Piala Afrika 2012 setelah secara dramatis mengempaskan tim favorit Maroko 3-2 (0-1). Tunisia juga melangkah dari Grup C.

Liputan6.com, Libreville: Satu lagi kejutan terjadi dari babak penyisihan grup Piala Afrika 2012. Tuan rumah bersama Gabon memaksa tim unggulan Maroko pulang lebih cepat usai secara dramatis menuai kemenangan 3-2 di Libreville, Jumat (27/1) atau Sabtu dini hari WIB.

Adalah Bruno-Zita Mbanangoye yang menjadi penentu kemenangan Gabon. Tendangan bebas Zita Mbanangoye lima menit memasuki injury time mengoyak gawang Maroko yang sepertinya bakal menahan imbang 2-2 tuan rumah hingga satu menit selepas waktu normal.

Laga tersebut berlangsung penuh drama. Bintang Maroko yang bermain di Inter Milan Houssine Kharja sempat membawa Maroko memimpin 1-0 hingga babak pertama berakhir melalui golnya di menit ke-23. Akan tetapi Gabon berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Pierre Aubameyang pada menit ke-77. Selang semenit Gabon balik memimpin usai Daniel Cousin mengoyak gawang Maroko.

Maroko tak menyerah dan menyamakan kedudukan ketika injury time berjalan satu menit melalui sepakan Kharha yang bertindak selaku algojo penalti. Puncak drama terjadi ketika Zita Mbanangoye memastikan kemenangan dari eksekusi bola mati. Dengan demikian, Gabon menyusul tuan rumah bersama lainnya Guinea Khatulistiwa, lolos ke perempat final dengan raihan enam poin dari dua pertandingan.

Juga lolos ke babak selanjutnya dari Grup C adalah Tunisia. Tim berjuluk Elang dari Cartagonia ini meraih kemenangan keduanya juga dengan dramatis menghadapi Niger. Setelah imbang 1-1 setelah gol Youssef Msakni di menit keempat disamakan William N’Gounou tiga menit menit kemudian, Issam Jemaa memastikan kemenangan Tunisia menjadi 2-1 di menit terakhir waktui normal.(DIM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.