Sukses

Dortmund Pertahankan Gelar

Borussia Dortmund mempertahankan gelar Bundesliga usai memetik kemenangan 2-0 (1-0) atas Borussia Muenchengladbach. Unggul delapan poin dari Bayern Muenchen, nilai Dortmund tak mungkin terkejar dalam dua partai sisa.

Liputan6.com, Dortmund: Borussia Dortmund mempertahankan gelar Bundesliga usai memetik kemenangan 2-0 (1-0) atas Borussia Muenchengladbach dalam lanjutan pekan ke-32 yang berlangsung di Westfalenstadion, Sabtu (21/4) sore. Hasil tersebut membuat jumlah poin Dortmund bertambah menjadi 75 poin atau unggul delapan angka dari rival terdekat Bayern Muenchen. Dengan dua partai yang tersisa, tak mungkin total poin Dortmund dapat dikejar.

Bertanding beberapa menit setelah Muenchen meraih kemenangan tipis 2-1 dari Werder Bremen, anak-anak asuhan Jurgen Klopp sadar betul butuh kemenangan guna memastikan meraih gelar. Tampil dominan sejak awal babak pertama, Dortmund unggul 1-0 di menit ke-23 melalui sundulan Ivan Perisic meneruskan umpan crossing Marcel Schmeizer.

Di babak kedua, tim tamu mencoba mengejar ketinggalan. Namun, justru di menit ke-59 Dortmund menambah keunggulan menjadi 2-0 lewat gol pemain bintangnya asal Jepang Shinji Kagawa. Gol ini berawal dari serangan balik cepat yang dikreasi Dortmund melalui akselerasi Robert Lewandowski. Skor yang bertahan sampai bubaran.

Dengan keberhasilan ini Dortmund berhasil meraih gelar back-to-back atau dua kali berturut-turut. Prestasi kali ketiga setelah sebelumnya Die Borussen juga merenggut gelar Bundesliga di musim 1955-1956 dan 1956-1957 plus musim 1994-1995 dan 1995-1996.

Total jenderal, Dortmund telah mengoleksi delapan gelar juara. Dortmund berkesempatan menyempurnakan musim 2011-2012 dengan torehan gemilang andaikata mampu menundukkan Bayern di baabk final DFB-Pokal. Jika itu terjadi, untuk kali pertama Dortmund mencatat double winners.(MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini