Sukses

Belanda Ingin Tebus Kegagalan Piala Dunia

Laga Euro 2012 akan mempertandingan dua laga seru di grup B, yakni Belanda versus Denmark dan Jerman lawan Portugal. Grup ini dianggap sebagai grup neraka.

Liputan6.com, Kharkiv: Laga pembuka grup B Piala Eropa 2012 akan mempertandingan tim oranye Belanda versus tim dinamit Denmark, Ahad (10/6) dinihari nanti. Belanda lebih difavoritkan memenangkan laga berbekal kekuatannya yang merata di semua lini itu.

Diperkuat sebagian besar bintangnya yang tampil di Piala Dunia dua tahun lalu, seperti Robin Van Persie, Dirk Kuyt, Arjen Roben, Wesley Sneijder, Mark Van Bommel dan sederet nama lainnya, pasukan Bert Van Marwijk berambisi menebus kegagalannya di Piala Dunia setelah hanya menempati posisi runner up.

Ancaman tim oranye sudah ditunjukan dalam laga persahabatan terakhir melawan Irlandia Utara yang berkesudahan 6-0. Namun,  Marwijk enggan meremehkan Denmark yang dinilainya akan membuat Belanda kesulitan.

Sebaliknya Denmark yang menganggap dirinya underdog dalam laga ini, akan berusaha bermain lepas. Apalagi Daniel Agger dan kawan-kawan sudah merasakan pahitnya kekalahan 0-2 dari Belanda di Piala Dunia dua tahun lalu.

Pelatin Morten Olsen sadar anak asuhnya berada di grup neraka dan akan menjalani dua laga penyisihan lain yang berat. Tapi, bisa jadi Denmark akan kembali meledak seperti pada Euro 1992.

Laga kedua di grup B juga mempertemukan dua tim papan atas Eropa, yakni Jerman dan Portugal yang akan berhadapan untuk merebut poin pertama. 

Rekor pertempuan terakhir memang menguntungkan tim panser Jerman. Dua kali Jerman membungkam Portugal 3-1 dan 3-2 di Piala Dunia 2006 dan Piala Eropa 2008. Anak asuh Joacim Loew ini tidak hanya difavortikan lolos dari grup B tapi menjadi favorit kuat juara Euro kali ini bersama Spanyol.

Namun, Jerman jelas harus berhati-hati karena Portugal tentu tak mau dipermalukan untuk ketiga kalinya. Kapten tim panser Philipp Lahm mengingatkan rekan-rekannya untuk tidak terlena dengan rekor kemenangan tersebut. Dengan tidak adanya pemain yang cedera dipastikan Jerman akan bermain dengan skuad terbaiknya.

Sementara itu, Portugal menyatakan siap menghadapi Jerman. Meski kemungkinan kehilangan gelandang andalannya Nani yang mengalami cedera kaki, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan akan bermain ngotot dan fokus untuk mengamankan posisinya di grup neraka ini. Apalagi Portugal behasrat membungkam prediksi banyak orang yang lebih memfavortikan Jerman dan Belanda sebagai wakil dari grup B.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini