Sukses

Spanyol Tanpa Striker

Keputusan berani diambil Vicente del Bosque saat Spanyol melakoni laga pertama menghadapi Italia. La Furia Roja tampil tanpa seorang striker murni. Cesc Fabregas ditugaskan jadi ujung tombak.

Liputan6.com, Gdansk: Keputusan sangat berani diambil pelatih Timnas Spanyol Vicente del Bosque saat timnya melakoni laga perdana penyisihan Grup C Euro 2012 menghadapi Italia di PGE Arena, Gdansk, Minggu (10/6) sore waktu setempat. La Furia Roja yang berstatus juara bertahan tampil tanpa seorang striker murni! Del Bosque menugaskan Cesc Fabregas sebagai ujung tombak.

Sejatinya, publik Spanyol memperkirakan Fernando Torres bakal ditugaskan sebagai starter guna memborbardir gawang Gianluigi Buffon. Alih-alih mencantumkan Torres, Del Bosque justru mencadangkan ketiga penyerangnya. Selain Torres, Fernando Llorente dan Alvaro Negredo pun harus puas duduk di bangku cadangan.

Dengan formasi 4-3-3, Del Bosque berharap playmaker Manchester City, David Sillva dan gelandang serang Barcelona Andres Iniesta bisa menopang pergerakan Fabregas di lini depan. Sementara, jangkar lapangan tengah dibagi tiga pada poros Sergio Busquets, Xabi Alonso, dan Xavi Hernandez.

Di lain pihak, pelatih Gli Azzurri Cesare Prandelli seperti yang telah diperkirakan sebelumnya menerapkan formasi 3-5-2, dengan mengandalkan duet striker kontroversial: Antonio Cassano dan Mario Balotelli. Dengan cederanya Andrea Barzagli, Prandelli menugaskan gelandang AS Roma Daniele De Rossi untuk bertugas sebagai defender mendampingi duet Juventus Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini.

Sementara, posisi wing-back akan ditempati Christian Maggio dan Emanuele Giaccherini. Sedangkan lapangan tengah akan diisi duet Bianconeri Andrea Pirlo dan Claudio Marchisio yang akan didampingi gelandang Paris St Germain, Thiago Motta.

Susunan Pemain:
Spanyol (4-3-3):
Casillas; Arbeloa, Pique, Sergio Ramos, Jordi Alba; Xavi, Busquets, Xabi Alonso; Silva, Fabregas, Iniesta.
Cadangan: Victor Valdes, Reina, Raul Albiol, Javi Martinez, Juanfran, Santi Cazorla, Jesus Navas, Pedro Rodriguez, Torres, Negredo, Juan Mata, Llorente.
Italia (3-5-2):
Buffon; Bonucci, De Rossi, Chiellini; Maggio, Thiago Motta, Pirlo, Marchisio, Giaccherini; Cassano, Balotelli.
Cadangan: Sirigu, De Sanctis, Ogbonna, Balzaretti, Abate, Barzagli, Montolivo, Diamanti, Nocerino, Di Natale, Borini, Giovinco.
Wasit: Viktor Kassai (Hungaria)
(MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.