Sukses

Kroasia Puncaki Klasemen

Dengan meyakinkan Kroasia menundukkan Republik Irlandia 3-1 (2-1) berkat dua gol yang dicetak Mario Mandzukic. Hasil yang melambungkan Vatreni ke puncak klasemen Grup C.

Liputan6.com, Poznan: Lewat dua gol yang dicetak striker VfL Wolfsburg Mario Mandzukic, dengan meyakinkan Kroasia menundukkan Republik Irlandia 3-1 (2-1) dalam partai kedua penyisihan Grup C Euro 2012 yang berlangsung di Municipal Stadium, Poznan, Minggu (10/6) malam waktu setempat atau Senin (11/6) dinihari WIB.

Dengan kemenangan ini, Vatreni, julukan Kroasia, berhak menempati puncak klasemen grup dengan jumlah tiga (3) poin. Di tempat kedua dan ketiga duduk bersama-sama Spanyol dan Italia yang sebelumnya bermain sama kuat 1-1 di PGE Arena, Gdansk. Sementara, kekalahan ini menipiskan peluang The Boys in Green, julukan Republik Irlandia, untuk melaju ke babak knock-out.

Skuad asuhan Slaven Bilic unggul cepat 1-0 ketika babak pertama baru berlangsung tiga menit melalui sundulan Mandzukic. Gol ini bermula dari umpan silang yang disodorkan Darijo Srna dan membentur badan bek Stephen Ward. Bola liar bergulir ke tengah kotak penalti. Meski berada dalam posisi yang kurang menguntungkan, Mandzukic mampu menempatkan bola lewat sundulannya ke pojok kiri gawang Irlandia yang tak dapat ditepis dengan sempurna oleh kiper Shay Given.

Namun, keunggulan Kroasia tak bertahan lama. Di menit ke-19, Republik Irlandia mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui sundulan bek Sean St Ledger yang unggul duel di udara dengan bek Kroasia Vedran Corluka ketika memanfaatkan umpan tendangan bebas Aiden McGeady. Gol ini membuat laga berjalan tambah menarik. Robbie Keane dkk mencoba mengimbangi permainan Kroasia yang terus melakukan tekanan.

Di menit ke-33, tembakan Luka Modric masih dapat diselamatkan kiper Given. Dua menit sebelum babak pertama berakhir, striker Everton Nikica Jelavic yang mendapat bola tak terduga mengelabui kiper Shay Given. Gol ini sempat diprotes para pemain Irlandia yang menilai sebelumnya Jelavic telah berdiri dalam posisi off-side.

Gol ini bermula dari tendangan Modric yang membuat kemelut di depan kotak penalti. Bola kemudian dicoba dihalau bek Stephen Ward. Sial bagi Ward, bola justru mengarah kepada Jelavic yang memang pada saat itu berdiri dalam posisi off-side. Namun, karena bola bukan berasal dari rekannya sendiri, gol Jelavic sah. Skor 2-1 untuk Kroasia bertahan sampai jeda.

Babak kedua baru berlangsung tiga menit, kembali gawang Given bergetar. Gol ketiga keunggulan Kroasia yang dicetak Mandzukic mirip dengan terjadinya gol pertama. Memanfaatkan umpan silang yang disodorkan Ivan Perisic, Mandzukic menyundul bola ke arah yang sama, pojok kiri gawang Shay Given. Bola membentur tiang gawang. Apes bagi Given. Bola membentur badannya dan bergulir ke dalam gawang sendiri. Skor 3-1 untuk Kroasia.

Pelatih Irlandia Giovanni Trapattoni bereaksi dengan melakukan dua pergantian pemain, yaitu memasukkan Jonathan Walters dan Simon Cox menggantikan Kevin Doyle dan Aiden McGeady. Di menit ke-63, Keane kembali memprotes putusan wasit Bjorn Kuipers yang tak mau memberikan hadiah penalti menyusul pelanggaran yang dilakukan bek Kroasia, Gordon Schildenfeld.

Irlandia terus berusaha melakukan tekanan dengan menerapkan umpan-umpan panjang. Namun, tak satu pun yang berhasil membuahkan gol. Termasuk peluang yang didapat Keith Andrews di menit-menit terakhir ketika sundulannya melenceng tipis dari gawang Kroasia yang dijaga Stipe Pletikosa. Sampai peluit akhir dibunyikan, skor tetap 3-1 untuk Kroasia.(MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini