Sukses

Dominan, Prancis Ditahan Inggris

Mendominasi jalannya pertandingan, Prancis harus puas bermain imbang 1-1 langsung dengan Inggris di laga pertama penyisihan Grup D Euro 2012. Hasil seri ketiga partai pertama di fase grup.

Liputan6.com, Donetsk: Mendominasi jalannya pertandingan, Prancis harus puas bermain imbang 1-1 langsung dengan Inggris di laga pertama penyisihan Grup D Euro 2012 yang berlangsung di Donbass Arena, Donetsk, Senin (11/6) sore waktu setempat. Bahkan, Les Blues sempat tertinggal lebih dahulu menyusul gol Joleon Lescott di menit ke-30 sebelum mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol indah Samir Nasri sembilan menit kemudian. Hasil seri ini merupakan kali ketiga dari empat partai pembuka di fase grup.

Di 10 menit awal, Inggris di luar dugaan mampu mengimbangi permainan Franck Ribery dkk. Setelah itu, Prancis mulai mendikte jalannya pertandingan dengan ditandai terciptanya peluang pertama lewat tembakan Nasri di menit ke-11 yang melenceng tipis di sisi kanan gawang Joe Hart. Tiga menit berselang, Tiga Singa mempunyai peluang emas pertama.

Menerima umpan cantik dari Ashley Young, James Milner yang lolos dari jebakan off-side berhasil melewati adangan kiper Hugo Lloris. Sayang, dalam sudut yang sempit, tendangan Milner hanya membentur jaring gawang bagian luar. Prancis tersengat. Semenit kemudian giliran kiper Hart yang beraksi menyelamatkan gawangnya dari tembakan Yohan Cabaye.

Di tengah-tengah tekanan Prancis, di menit ke-30, Inggris mendapat hadiah tendangan bebas menyusul pelanggaran tak perlu yang dilakukan Patrice Evra. Dari tendangan bebas yang dilakukan kapten Steven Gerrard, sundulan Joleon Lescott yang unggul duel di udara dengan Alou Diarra berhasil merobek gawang Prancis. Skor 1-0 untuk Inggris.

Skuad asuhan Laurent Blanc kian terpacu menggempur pertahanan Inggris. Di menit ke-35, sundulan Alou Diarra meneruskan umpan dari free-kick Nasri dengan gemilang dapat ditepis kiper Hart. Tekanan bergelombang yang dilakukan Prancis akhirnya membuahkan hasil di menit ke-39 lewat sepakan keras Nasri yang mendapat umpan dari Ribery. Tendangan Nasri menyusur menghujam pojok kanan gawang Inggris tanpa dapat ditepis Hart. Skor 1-1 bertahan sampai jeda menyusul aksi penyelamatan yang dilakukan kiper Hart yang memblok penetrasi Karim Benzema.

Di babak kedua, Prancis kian dominan. Sebaliknya, Inggris mencoba mengamankan hasil pertandingan dengan berusaha memegang penguasaan bola. Di menit ke-64, setelah bekerja sama dengan Nasri, Benzema melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang masih dapat diantisipasi dengan baik oleh kiper Hart.

Pertandingan kian berjalan berat sebelah. Prancis benar-benar menggempur pertahanan Inggris. Di menit ke-75, kiper Hart kembali melakukan penyelamatan dengan memblok tendangan Ribery dari sudut sempit. Dalam 10 menit terakhir, Inggris mendapat tekanan hebat. Prancis mempunyai dua peluang melalui tendangan first-time Cabaye yang diblok Danny Welbeck dan sepakan Benzema yang dapat dikuasai kiper Hart. Sampai peluit akhir dibunyikan wasit Italia Nicola Rizzoli, skor tetap 1-1.(MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini