Sukses

Gagal di Euro, Van Bommel Pensiun

Menyusul kegagalan Timnas Belanda di ajang Euro 2012, gelandang veteran sekaligus kapten tim Mark van Bommel memutuskan pamit mundur dari Oranje.

Liputan6.com, Rotterdam: Setelah secara mengejutkan Timnas Belanda gagal di babak penyisihan grup Euro 2012, kini skuad yang diarsiteki oleh Bert van Marwijk ini kembali dikejutkan dengan kabar pengunduran diri dari sang kapten, yakni Mark van Bommel. Kabar ini langsung disampaikan oleh situs resmi Koninklijke Nederlandse Voetbalbond (KNVB) atau Asosiasi Sepakbola Belanda.

Van Bommel mengungkapkan bahwa pengunduran dirinya tersebut adalah untuk memberikan kesempatan bagi pesepakbola muda Belanda untuk meniti karir mereka di skuad The Flying Dutchmen, julukan untuk Timnas Belanda.

“Saya tidak ingin menyatakan diri resmi pensiun,” ujar pemain berusia 35 tahun ini. “Mungkin apabila pelatih (Timnas Belanda) membutuhkan saya maka saya akan datang. Namun, saya pikir sekarang adalah waktu untuk para pemain muda berbakat untuk membela Belanda,” lanjut pemain PSV Eindhoven ini.

Van Bommel yang telah bergabung dengan Timnas Senior Belanda dari tahun 2000 tercatat telah 79 kali membela Timnas Belanda. Puncak karir van Bommel sendiri adalah saat Belanda berhasil menjadi runner up Piala Dunia 2010, setelah dikalahkan oleh Spanyol dengan skor 1-0.(GAN/Reuters)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.