Sukses

Pagliuca: Buffon dan Casillas Terbaik

Bagi mantan kiper Timnas Italia, Gianluca Pagliuca, dua kiper yang akan berlaga di final Euro 2012, yakni Gianluigi Buffon dan Iker Casillas, adalah dua kiper terbaik dalam satu dekade ini.

Liputan6.com, Roma: Mantan kiper Timnas Italia, Gianluca Pagliuca, memberikan opininya tentang pertempuran antara dua kiper terbaik di dunia saat ini, yakni Gianluigi Buffon dengan Iker Casillas, yang akan bertarung di laga final Euro 2012 pada Minggu (1/7) malam waktu setempat atau Senin (2/7) dinihari WIB di Olympic Stadium.  Pagliuca mengungkapkan bahwa Buffon dan Casillas merupakan dua kiper terbaik di dunia dalam 10 tahun tahun ini.

Mantan kiper Inter Milan ini juga mengungkapkan bahwa pertemuan dua kiper sarat pengalaman ini akan menjadi pertarungan paling seru. “Ada dua kiper yang mendominasi sepakbola saat ini,” ungkap Pagliuca. “Apabila Italia menjadi juara, Gigi (panggilan untuk Buffon) akan menyamakan jumlah gelar dengan Casillas; yaitu Piala Dunia dan Piala Eropa,” lanjut mantan kiper dengan tinggi 190 cm ini. 

“Walaupun mereka memiliki perbedaan pengalaman, mereka telah menjadi kiper terbaik dalam 10 tahun ini,” tegas Pagliuca kepada Goal.com Italia. “Buffon lebih tinggi dan memiliki penempat posisi yang baik, sedang Casillas memiliki respon yang tinggi, tapi pada akhirnya mereka tanpa bisa dipungkiri lagi telah menjadi kiper terbaik yang pernah ada dalam sejarah sepakbola,” Pagliuca menambahkan.

Pagliuca yang kini telah mencapai usia 45 tahun ini lebih memilih apabila Italia bertemu dengan Jerman di final, dan optimis anak asuhan Cesare Prandelli bakal menjadi juara Euro tahun ini. “Spanyol, walau menjadi favorit juara di atas kertas, kami (Timnas Italia) tidak boleh takut. Saya pikir, Spanyol lebih mengharapkan bertemu dengan Jerman di final, yang dianggap sebagai lawan yang mudah,” tukas pria kelahiran 18 Desember 1966 ini.

“Bagi saya, Gli Azzurri (julukan untuk Timnas Italia) memiliki kesempatan menang lebih banyak. La Furia Roja (sebutan Timnas Spanyol) adalah tim yang kuat, tapi mereka harus berhati-hati dengan Italia; semangat tim akan membuat banyak perbedaan. Saya memperkirakan Italia akan menang 2-1,” ucap Pagliuca optimis.(GAN/Goal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.