Sukses

Van Gaal Kembali Tangani Oranje

Asosiasi Sepakbola Belanda (KNVB) memberi konfirmasi pengangkatan Louis van Gaal sebagai pelatih timnas yang baru menggantikan Bert van Marwijk yang gagal total di ajang Euro 2012.

Liputan6.com, Amsterdam: Pada Jumat (6/7), Asosiasi Sepakbola Belanda (KNVB) memberi konfirmasi pengangkatan Louis van Gaal sebagai pelatih timnas yang baru menggantikan Bert van Marwijk yang mengundurkan diri pada 27 Juni lalu menyusul terpuruknya Oranje di ajang putaran final Euro 2012 lalu.

“Kami senang dapat meraih kesepakatan (dengan Van Gaal),” ujar Bert van Oostveen, Direktur Sepakbola KNVB. “Kami mencari seorang pelatih yang telah berpengalaman dan mempunyai kharisma baik secara personal maupun profesional. Van Gaal telah menunjukkan dalam pentas nasional dan internasional. Kami pun tahu jika ia merupakan sosok pelatih yang berdedikasi dan penuh motivasi.”

Van Gaal, pelatih yang memulai karier kepelatihannya dengan menukangi Ajax Amsterdam pada 1991, bukan sosok yang asing bagi Belanda. Pasalnya, dalam durasi kurang dari dua tahun, 2000 sampai 2002, Van Gaal menjadi arsitek Oranje yang dipersiapkan menghadapi kualifikasi Piala Dunia (PD) 2002.

Sayang, nasib buruk menimpa Van Gaal dan Giovanni van Bronckhorst dkk. Tampil di penyisihan Grup 2 Zona Eropa, Oranje terpuruk di peringkat tiga besar klasemen akhir, kalah bersaing dengan Portugal dan Republik Irlandia. Kegagalan membawa timnas melaju ke Jepang dan Korea membuat KNVB memecat Van Gaal pada 31 Januari 2002 dan digantikan Dick Advocaat.

“Saya gembira dengan pendekatan yang dilakukan KNVB. Inilah tantangan yang selama ini saya nantikan,” ujar Van Gaal, 60 tahun, yang dikenal sebagai sosok pelatih tegas dan teguh dengan pendiriannya yang harus menerima nasib naas untuk kesekian kali usai dipecat Bayern Muenchen pada 10 April 2011. (MEG/Goal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.