Sukses

Digebuk Jepang, Indonesia Tersingkir!

Jepang menjadi tim pertama yang lolos kualifikasi Piala Asia U-22 2013 Grup E usai menggilas Indonesia 5-1 (2-0). Sebaliknya, hasil ini membuat kans Garuda Muda lolos sebagai peringkat ketiga terbaik grup musnah.

Liputan6.com, Pekanbaru: Meski masih menyisakan satu pertandingan, peluang Timnas Indonesia U-22 untuk bersaing meraih tiket melaju ke putaran final Piala Asia U-22 2013 telah tertutup. Di matchday keempat kualifikasi Grup E yang berlangsung di Stadion Utama Riau, Pekanbaru, Kamis (12/7) malam, Garuda Muda harus mengakui keunggulan Jepang 1-5 (0-2).

Dengan kemenangan untuk keempat kalinya itu, Jepang memastikan diri meraih satu dari dua tiket yang tersedia di Grup E. Sebab, jumlah 12 poin yang diperoleh Jepang—sementara menempati peringkat pertama—tidak akan mungkin dapat disamai Singapura yang baru mengoleksi tujuh (7) angka. Tiket terakhir kemungkinan besar diraih Australia yang telah mendulang 10 angka, apalagi di partai terakhir mereka bakal berhadapan dengan Jepang.

Sebaliknya, kekalahan untuk kedua kalinya ini membuat harapan Andik Vermansyah dkk untuk menyamai jumlah poin Australia musnah. Pun demikian dengan peluang bersaing memperoleh tiket terakhir yaitu sebagai peringkat ketiga grup juga kandas. Sebab, meskipun di partai terakhir mampu mengalahkan Singapura, poin Indonesia yang bakal dihitung hanya berjumlah enam (6) angka mengingat kemenangan atas tim peringkat terbawah—diperebutkan Makau dan Timor Leste—tidak akan dihitung.

Di babak pertama, skuad Garuda Muda mencoba untuk menekan Jepang dengan cara bermain cepat. Namun, lini pertahanan pasukan Samurai Muda masih bisa membendung serangan Indonesia. Jepang yang tidak ingin kehilangan angka pun tidak mau kalah. Skuad asuhan Yoshida mencoba bermain taktis dan tenang. Akhirnya, usaha tersebut membuahkan hasil, ketika sebuah tendangan bebas di sektor kanan pertahanan Indonesia pada menit ke-31 berhasil dieksekusi striker Jepang, Kobu, yang tidak dapat dijangkau oleh kiper Indonesia, Muhammad Ridwan. Skor 1-0 untuk Jepang.

Tiga menit berselang, gawang Indonesia kembali kebobolan, setelah kemelut di depan gawang Ridwan menghasilkan bola liar yang jatuh ke kaki Kubo. Berdiri bebas, Kubo melepaskan tendangan keras ke sudut kanan gawang. Skor 2-0 untuk Jepang bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Indonesia yang diarsiteki oleh Aji Santoso ini berusaha untuk menaikan tempo permainan dan bermain cepat, namun kembali mendapati kebuntuan ketika berhadapan dengan pemain belakang Jepang yang memiliki postur tubuh lebih besar. Akan tetapi, usaha itu membuahkan hasil di menit ke-57. Garuda Muda mendapat hadiah tendangan 12 pas. Eksekusi penalti yang dilakukan Agung Supriyanto tidak dapat dihalau kiper Nakamura Kosuke. Skor 1-2 untuk Jepang.

Kecolongan satu gol, Kubo dkk tidak mengendorkan serangan, sementara pemain Indonesia yang masih berharap bisa menyamakan kedudukan mencoba untuk menahan laju serangan Jepang. Namun, 7 menit berselang dari gol Agung, Jepang berhasil menambah keunggulannya, melalui tendangan keras yang kembali berasal dari kaki Kubo, dan mengubah kedudukan menjadi 3-1.

Unggul dua gol tak membuat para pemain Jepang berpuas diri. Gempuran terus dilakukan seiring dengan merosotnya stamina para pemain Garuda Muda. Serangan Jepang akhirnya tak terbendung, dan tercipta dua gol tambahan di penghujung pertandingan, masing-masing dicetak Matsubara Ken di menit ke-89 dan bek Suzuki Ryuga di menit ketiga injury time. Skor 5-1 untuk Jepang.(GAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini