Sukses

Liestiadi: Indonesia Kalah Segalanya

Jepang dinilai unggul di segala aspek saat mengalahkan Indonesia di laga keempat Kualifikasi Piala Asia U22 2013 Grup E di Stadion Utama Riau, Pekanbaru, Kamis malam.

Liputan6.com, Pekanbaru: Liestiadi menilai Timnas Indonesia kalah di segala aspek saat menghadapi Jepang di Kualifikasi Piala Asia U-22 2013 Grup E. Andik Vermansyah dan kawan-kawan takluk 1-5. "Di segala aspek, kita memang kalah sama Jepang. Buat apa kita malu untuk tak mengakuinya," kata asisten pelatih Timnas Indonesia ini kepada wartawan dalam jumpa pers usai pertandingan di Stadion Utama Riau, Pekanbaru, Kamis (12/7) malam.

Para pemain, lanjut Liestiadi, sudah menampilkan permainan terbaik. Namun, Jepang memang bermain sangat bagus. "Jepang menerapkan taktik yang bagus, dari segi kecepatan, skill, dan permainannya sangat terprogram," ucapnya. "Kualitas pemain Jepang dalam organisasi dan mencari peluang juga sangat bagus."

Soal mental pemain, Liestiadi mengakui memang Andik dkk belum teruji. Ini disebabkan para pemain belum memiliki jam terbang internasional, apalagi di antaranya ada pemain amatir. "Semua pemain kita kalau kena pressure langsung grogi," ujar Liestiadi. "Ini akan tetap terus kita evaluasi dan menjadi proses pembelajaran."

Keunggulan yang dimiliki Jepang di segala aspek karena tim ini sudah dipersiapkan sejak tiga atau empat tahun lalu. "Jepang sudah membuat tim ini sejak mereka masih umur 13 tahun," tutur Liestiadi. Sementara Indonesia, ungkapnya, baru melalukan pemusatan latihan atau TC hanya sebulan di Yogyakarta. TC baru dilakukan sekitar sebulan sebelum babak kualifikasi dimulai.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.