Sukses

13 Klub La Liga Ancam Mogok Bermain

13 klub dari La Liga berencana untuk menuntut kebijakan MediaPro untuk mencabut tuntutan terhadap dua klub yang bekerjasama dengan Canal Plus.

Liputan6.com, Madrid: 13 Klub dari La Liga mengeluarkan isu untuk menuntut Liga Sepakbola Spanyol dengan empat (4) poin tuntutan, yakni meminta perusahaan televisi untuk membayar sejumlah uang kepada klub; membuat transparansi tentang jadawal pertandingan; mencabut tuntutan kepada dua klub La Liga terkait dengan masalah hak siar; membuat sebuah peraturan yang lebih adil menyoal pendapatan hak siar.

Untuk itu, 13 klub tersebut melakukan sebuah pertemuan pada hari ini (8/8) di Madrid, guna membicarakan langkah nyata untuk merealisasikan empat poin tuntutan mereka tersebut. Soal jadwal tanding yang telalu malam, yakni pukul 11.00 waktu setempat, membuat banyak klub yang berkeberatam, oleh karena itu mereka berpendapat untuk mempertanyakan, bahkan menggugat jadwal tersebut. 13 klub La Liga tersebut adalah:
- Athletic Bilbao
- Atletico de Madrid
- Real Betis
- Celta Vigo
- Espanyol de Barcelona
- Getafe
- Granada
- Real Mallorca
- Osasuna
- Rayo Vallecano
- Real Sociedad
- Sevilla
- Real Zaragoza

Setiap klub yang terlibat dalam pertemuan tersebut tidak setuju dengan kebijakan yang dibuat oleh Liga Sepakbola Profesional Nasional (LNFP), yang dianggap tidak menghargai klub yang menjadi anggota mereka sendiri. Apabila keempat tuntutan mereka tidak tercapai, maka klub-klub tersebut berencana untuk memboikot La Liga, dan mengancam untuk menunda awal musim 2012/2013 yang bakal digelar pada 18 Agustus mendatang.

Beberapa klub yang mendapat sanksi dari MediaPro tersebut disebabkan adanya pelanggaran terhadap aturan yang dibuat oleh Komisi Kompetisi Nasional, yang memutuskan bahwa semua kontrak klub yang lebih dari tiga tahun dianggap tidak ada, yang berarti hak siar sebelumnya tidak ada artinya, karena telah menjadi hak MediaPro. Klub-klub tersebut kemudian menandatangani kontrak dengan Canal Plus, yang tidak lain adalah saingan MediaPro, yang akhirnya berujung dengan tuntutan dari MediaPro kepada Espanyol dan Celta Vigo.(GAN/AS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.