Sukses

Lima Pemain ISL Tinggalkan Pemusatan Latihan

Kisruh sepak bola Indonesia masih belum usai. Lima pemain asal ISL akhirnya meninggalkan pemusatan latihan Timnas Senior setelah mendapat ancaman sanksi dari klub.

Liputan6.com, Jakarta: Latihan Timnas Indonesia Senior di Lapangan PSAU, Jakarta Timur, Sabtu (11/8), tampak berbeda. Para pemain asal Indonesia Super League (ISL) seperti Bambang Pamungkas, Firman Utina, Ponaryo Astaman, Muhammad Ridwan, serta Ahmad Bustomi tidak lagi mengikuti latihan tim yang sedang dipersiapkan untuk Piala AFF. Latihan yang dipimpin pelatih Nil Maizar ini hanya diikuti pemain asal Indonesia Premier League (IPL), seperti Irfan Bachdim dan Ferdinand Sinaga.

Kondisi ini jauh berbeda dengan saat pemusatan latihan pada awal Agustus lalu, saat Bambang Pamungkas dan kawan-kawan masih ikut bergabung. Namun keikutsertaan mereka memang ditentang oleh klub ISL yang tidak mendukung PSSI pimpinan Djohar Arifin.

Mereka diminta tidak bermain untuk Timnas dan diancam sanksi. Bahkan mantan kaptem Timnas Indonesia Bambang Pamungkas sudah dijatuhi sanksi denda oleh Persija karena memperkuat Timnas. Kondisi ini tentu disesalkan penanggung jawab Timnas Indonesia.

Hengkangnya pemain ISL tak lepas dari konflik di kalangan elit sepak bola Indonesia. Konflik ini telah membuat Timnas Indonesia tidak bisa dibentuk secara ideal oleh pemain terbaik.

Keadaan ini sangat disayangkan banyak pihak, apalagi Timnas tengah menyongsong kejuaraan paling bergensi di Asia Tenggara. Rupanya bagi elite sepak bola lebih mementingkan ego kelompok daripada kepentingan negara. Harga diri bangsa pun dikorbankan.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini