Sukses

Kuyt Buka Peluang Fenerbahce

Meskipun menelan kekalahan 1-2 (0-0) dari tuan rumah Spartak Moscow di leg pertama play-off Liga Champions, gol balasan Dirk Kuyt membuka peluang Fenerbahce melaju ke fase penyisihan grup.

Liputan6.com, Moskow: Spartak Moscow hanya mampu meraih kemenangan tipis 2-1 (0-0) dari tamunya Fenerbahce di leg pertama babak play-off Liga Champions yang berlangsung di Luzhniki Stadium, Moskow, Selasa (21/8) sore waktu setempat. Dengan hasil ini, The Yellow Canaries, julukan Fenerbahce, tinggal membutuhkan kemenangan 1-0 di leg kedua di Istanbul, Rabu (29/8) pekan depan, guna memastikan diri berhak tampil di babak penyisihan grup lewat keunggulan gol tandang (away).

Dipimpin wasit premiership Martin Atkinson, di menit-menit awal babak pertama, Fener, julukan lain Fenerbahce, mampu menekan Spartak dan memaksakan tiga kali tendangan penjuru dalam waktu tiga menit. Memasuki menit ke-10, tuan rumah mulai bangkit dan sempat mengancam ketika tendangan bebas bek Nicolas Pareja dapat diantisipasi kiper Fener, Mert Gunok.

Empat menit berselang, sundulan gelandang Brasil, Romulo masih melebar. Spartak kian bernafsu menggempur pertahanan tim tamu. Namun, peluang yang didapat Diniyar Bilyaletdinov dan striker Ari masih menyamping dari sasaran.

Empat belas menit memasuki babak kedua, upaya Spartak mencetak gol akhirnya membuahkan hasil. Berawal dari akselerasi Dimitri Kombarov di sektor sayap dan melontarkan umpan silang ke tengah kotak penalti yang dapat diselesaikan dengan akurat oleh striker Nigeria, Emmanuel Emenike. Skor 1-0 untuk Spartak.

Namun, kegembiraan tuan rumah tak berlangsung lama. Enam menit kemudian, Fenerbahce mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui gol yang dicetak mantan striker kawakan Liverpool, Dirk Kuyt yang menerima umpan dari tandemnya bomber Senegal, Moussa Sow.

Spartak tersentak. Tiga menit berselang, anak-anak asuhan Unai Emery kembali unggul melalui gol yang dihasilkan dari tendangan keras kaki kiri Kombaro yang menerima umpan dari winger Republik Irlandia, Aiden Mc Geady. Skor 2-1 untuk Spartak.

Di sisa waktu, Spartak yang paham benar dengan advantage Fenerbahce lewat gol Kuyt, secara sporadis menggempur gawang Gunok. Sayang, peluang emas McGeady di menit ke-82 terbuang percuma. Walhasil, di leg kedua, Spartak harus mampu menahan imbang Fener yang bakal bermain di depan pendukungnya yang sangat fanatik, publik Sukru Saracoglu Stadium, Istanbul.(MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.