Sukses

Higuain Selamatkan Argentina

Gol dari Gonzalo Higuain menghindarkan Argentina dari kekalahan saat bertandang ke Peru. Hasil akhir 1-1 langsung tetap menempatkan Albiceleste di puncak klasemen Zona Amerika Latin.

Liputan6.com, Lima: Argentina nyaris menuai kekalahan kali kedua di babak kualifikasi Piala Dunia (PD) 2014 Zona Amerika Latin. Di matchday kedelapan yang berlangsung di Estadio Nacional, Lima, Selasa (11/9) malam waktu setempat atau Rabu (12/9) pagi WIB, Albiceleste hanya mampu bermain imbang 1-1 langsung dengan tuan rumah Peru.

La Blanquirroja, julukan Peru, mendapat peluang mencetak gol dengan cepat ketika di menit kedua ketika gelandang serang Schalke 04 Jefferson Farfan dilanggar bek Napoli Federico Fernandez. Sayangnya, eksekusi striker Bayern Muenchen Claudio Pizarro terlalu lemah dan dapat diselamatkan kiper Tim Tango, Sergio Romero.

Meski demikian, Peru tak canggung menghadapi Lionel Messi dkk. Di menit ke-22, Peru unggul lebih dahulu 1-0 melalui defender Eintrach Frankfurt Carlos Zambrano yang memanfaatkan umpan rekannya Luis Advincula Castrillon. Delapan menit jelang babak pertama berakhir, Argentina mampu menyamakan kedudukan melalui gol striker Real Madrid Gonzalo Higuain yang menerima umpan dari penyerang PSG Ezequiel Lavezzi. Skor 1-1 bertahan sampai jeda.

Di babak kedua, laga kian seru. Kedua tim silih berganti menggempur pertahanan lawan. Di menit ke-53, Peru mendapat peluang ketika sepakan mendatar Farfan dapat diblok kiper Romero. Dua menit berlalu, Argentina pantas bersyukur. Melakukan akselerasi sendirian, winger Corinthians, Luis Ramirez melontarkan tembakan yang hanya membentur tiang gawang Romero. Di injury time, Argentina mendapat dua peluang emas melalui sepakan Higuain yang dapat diblok kiper Raul Fernandez dan sundulan Marcos Rojo dari jarak dekat yang melambung jauh di atas mistar.

Dengan hasil seri ini, putuslah rekor kemenangan beruntun yang ditoreh Messi dkk di ajang kualifikasi PD 2014 Zona Amerika Latin. Meski demikian, Argentina masih memimpin klasemen sementara dengan jumlah 14 poin hasil dari 7 pertandingan atau hanya unggul satu angka dari Kolumbia dan Ekuador.

Di matchday kesembilan yang akan berlangsung pada 12 Oktober mendatang, Argentina akan menjamu lawan tangguh Uruguay di Estadio Malvinas Argentinas, Mendoza. Sementara, Kolumbia akan melayani tantangan Paraguay, dan Ekuador menghadapi Cile.(MEG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.