Sukses

Pele: Spanyol Tim Terbaik Dunia Saat Ini

Pele menilai Spanyol sebagai tim terbaik di dunia saat ini. Namun, legenda Brasil ini tidak yakin apakah Spanyol akan menjadi negara Eropa pertama yang mengangkat Piala Dunia di tanah Amerika Selatan.

Liputan6.com, Sao Paolo: Pele menilai Spanyol sebagai tim terbaik di dunia saat ini. Legenda Brasil itu mengaku telah memantau tim besutan Vicente del Bosque setelah menjuarai Piala Eropa 2008. Meski memiliki sejumlah pemain dengan bakat individu, Pele yakin kebersamaan tim menjadi kunci keberhasilan Spanyol. 

"Saya mengagumi mereka karena saya telah mengikuti tim nasional sejak empat atau lima tahun silam," kata Pele. "Semua orang tahu, mereka telah bermain sangat baik. Mereka memiliki tim yang bagus. Ini bukan hanya individu pemain." 

Meski demikian, Pele tidak yakin Spanyol akan menjadi negara Eropa pertama yang mengangkat Piala Dunia di tanah Amerika Selatan. Tapi, tim Matador akan tetap menjadi salah satu calon kuat juara di Piala Dunia Brasil 2014. 

"Tak diragukan lagi, mereka akan menjadi salah satu tim terbaik di Brasil," ucap Pele. "Jika mereka tak memiliki pemain yang cedera, saat ini, Spanyol adalah tim yang paling terorganisir di dunia."

Disinggung soal timnas Brasil, Pele mengatakan, Brasil harus memiliki tim yang baik. "Kadang-kadang Anda memiliki pemain yang sangat baik, tetapi Anda tidak memiliki tim," ujarnya. "Saya pikir apa yang dibutuhkan Brasil adalah tim. Kami telah memainkan sejumlah pertandingan. Lebih atau kurang, kami telah bermain baik dan kemudianbermain buruk."

Untuk memperbaiki masalah ini, Pele meminta pelatih Mano Menezes melihat timnas Brasil pada 1970 dimana mereka memenangkan Piala Dunia di Meksiko untuk kali ketiga. "Saat ini, timnas Brasil dilatih Menezes selama hampir dua tahun, namun ia masih tidak memiliki tim," ujar Pele. "Brasil memiliki pemain yang sangat baik, tidak diragukan lagi, dan beberapa pemain terbaik di seluruh dunia adalah Brasil. Tapi, sebagai sebuah tim, kami belum terorganisir."(Goal/BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.