Sukses

Isco, Buruan Utama Mancini di Bursa Januari

Hadirnya Roberto Mancini di laga Atletico Madrid menghadapi Malaga memicu spekulasi jika di bursa Januari Manchester City akan berupaya memboyong Radamel Falcao ke Etihad Stadium.

Liputan6.com, Manchester: Beberapa saat setelah El Clasico di Camp Nou usai, bertempat di Vicente Calderon, Minggu (7/10) lalu, tersaji duel seru antara dua tim kuda hitam di La Liga musim ini: Atletico Madrid dan Malaga. Pertandingan antara kedua tim akhirnya berkesudahan 2-1 untuk kemenangan Los Rojiblancos menyusul gol bunuh diri Welligton di pengujung laga.

Dari 52 ribu penonton yang memenuhi stadion, tampak hadir manajer Manchester City, Roberto Mancini. Kontan, kehadiran mantan pelatih Inter Milan tersebut menimbulkan spekulasi jika The Citizens, julukan City, bakal berupaya mendatangkan striker andalan Atletico Radamel Falcao ke Etihad Stadium di bursa transfer musim dingin Januari mendatang.

Performa Falcao di awal musim ini terbilang mengagumkan. Meskipun sama-sama mendulang delapan (8) gol dengan dua bintang lainnya, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, dilihat dari jumlah menit bertanding, rata-rata gol Falcao jauh lebih baik dibanding Messi dan Ronaldo.

Meski demikian, laporan terakhir menyebutkan, jika sasaran sebenarnya yang bakal diincar Mancini di City di Januari adalah playmaker muda Malaga yang penampilannya tengah naik daun di musim ini, Francisco Roman Alarcon Suarez atau yang lebih dikenal dengan panggilan Isco. Mengapa demikian?

Seperti yang dilansir Goal, City mengetahui besaran klausul hengkang yang tercantum dalam kontrak kerja Isco, yaitu senilai 21 juta euro atau sekitar Rp 262,5 miliar. Jumlah yang jauh lebih rendah dibanding bandrol Falcao yang disebut-sebut mencapai 60 juta euro (sekitar Rp 750 miliar).

Selain soal fee transfer, kendala lainnya yang mengadang City dalam menggaet Falcao adalah sikap keukeuh Atletico yang tidak akan melego pemain andalannya itu sampai akhir musim. Artinya, Atletico baru siap melepas Falcao di bursa transfer musim panas mendatang. Kondisi yang sama juga dialami City saat mendekati Stevan Jovetic. Dengan bandrol 31 juta euro, Fiorentina baru akan menimbang melego Jovetic musim depan.

Karenanya, Mancini mengalihkan perhatiannya pada Isco, gelandang serang muda berusia 20 tahun, yang dinilai sebagai opsi ideal pengganti Eden Hazard, target lainnya yang gagal diburu City di bursa transfer musim panas lalu. Seperti diketahui, akhirnya Hazard bergabung dengan Chelsea.

Ketertarikan Mancini terhadap Isco memang ada benarnya. Sejak Santi Cazorla dilego ke Arsenal, Isco mulai menunjukkan permainan terbaiknya. Selain menjadi pemain pilihan utama Manuel Pellegrini di tujuh pertandingan La Liga, Isco pun tampil piawai saat Malaga meraih kemenangan mengesankan 3-0 atas klub kuat Rusia, Zenit St Petersburg di ajang Liga Champions. Nama Isco pun disebut-sebut direkomendasikan playmaker City asal Spanyol David Silva.

Kemungkinan City memboyong Isco terbuka lebar menyusul pernyataan Direktur Sport Malaga Mario Armando Husillos. “Isco adalah pemain sangat penting dalam tim kami. Ia tidak akan dijual. Kami berniat mempertahankan keberadaannya. Tapi, siapapun tahu jika ia mempunyai klausul hengkang dalam kontrak kerjanya. Jadi, jika ada klub yang mampu memenuhi klausul tersebut, maka kami pun tak berdaya,” aku Husillos.(MEG/Goal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.