Dortmund Akan Bangkit Lawan Madrid

  • Liga Eropa
  • 0
  • 22 Okt 2012 10:33
Liputan6.com, Dortmund: Borrussia Dortmund harus mengakui keunggulan tetangga mereka Schalke 04 dalam pertandingan bertajuk derby Ruhr di Stadion Signal Iduna Park. Kekalahan atas Schalke membuat Dormund hanya meraih satu kemenangan dari enam laga terakhir di semua kompetisi.

Pelatih Dortmund Jurgen Klopp meminta semua tim memperbaiki diri secara drastis untuk laga Liga Champions saat menjamu Real Madrid. Klopp ingin pertandingan dengan raksasa Spanyol tersebut sebagai kebangkitan setelah menelan kekalahan di derby Ruhr.

Saat ini Real Madrid memuncaki Grup D dengan dua kemenangan saat melawan Manchester City dan Ajax. Namun Klopp mengatakan Dortmund harus memperbaiki performa mereka yang merosot ketika bermain melawan Schalke apabila mereka ingin menyulitkan tim raksasa Spanyol itu.

"Semuanya harus lebih baik, kami harus mencoret pertandingan melawan Schalke dan selanjutnya memperlihatkan apa yang dapat kami lakukan," kata Klopp. Keinginan Dortmund untuk bangkit akan terbentur dengan masalah cedera pemain, dimana gelanang Jakub Blaszczykowski dipastikan absen.

Namun bek Marcel Schmelzer dan dua gelandang Mario Goetze serta Ilkay Gundogan kemungkinan pulih tepat waktu. "Blaszczykowski tidak akan siap pada saatnya, apakah tiga pemain lain dapat dimainkan, saya sekarang belum tahu. (Kemajuan) tiap hari sangat membantu," kata Klopp.

Dengan banyaknya pemain inti yang cedera, Klopp menggunakan formasi 4-4-2 saat menghadapi Schalke, dengan menduetkan Robert Lewandowski dan bintang Jerman Marco Reus di lini depan. Namun upayanya tidak berjalan maksimal ketika Schalke berhasil unggul sejak awal pertandingan.

Klopp mengakui kesalahannya. "Saya bertanggung jawab atas hal itu. Saya hanya ingin mempertajam formasi, namun itu tidak bekerja, dan saya harus menerimanya. Kami mampu bermain lebih baik," katanya.

Menjuarai Liga Jerman pada dua musim terakhir, Dortmund berharap dua bintang Jerman yang memperkuat Real, Mesut Ozil dan Sami Khedira dapat tampil. Khedira absen saat Jerman bermain imbang 4-4 dengan Swedia di kualifikasi Piala Dunia karena cedera. Namun pemain 25 tahun ini diharapkan masuk tim inti yang dibawa Jose Mourinho ke Dortmund.(JUM)
Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler