Sukses

PSSI dan KPSI Berdebat Soal Pelatih Timnas

PSSI dan KPSI masih memperdebatkan soal pelatih timnas yang akan turun di Piala AFF 2012 di Malaysia. Soal pemain timnas, PSSI tetap mengusulkan 35 nama yang terdiri gabungan pemain ISL dan IPL.

Liputan6.com, Jakarta: Rapat Komite Bersama di Kantor PSSI Senayan Jakarta, Senin (22/10), yang salah satu agendanya membahas timnas Indonesia yang akan turun di Piala AFF 2012 di Malaysia berakhir tanpa keputusan. Kedua belah pihak, yaitu PSSI dan Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI) sama-sama mempertahankan argumennya terutama soal pelatih yang berhak menangani timnas Garuda.

Pihak PSSI yang diwakili Todung Mulya Lubis, Saleh Mukadar, Catur Agus Saptono dan Widjajanto tetap berpaku pada keputusannya, yaitu tetap mengandalkan Nil Maizar sebagai pelatih timnas. Sedangkan KPSI mengusulkan Alfred Riedl.

Menurut Saleh Mukadar, dalam rapat ada usulan dari Ketua Komite Bersama Todung Mulya Lubis, yaitu mengusulkan Nil Maizar tetap sebagai pelatih dan Alfred Riedl sebagai penasehat. Namun, usulan itu belum bisa diterima anggota Komite Bersama dari pihak KPSI, yaitu Djamal Aziz, Togar Mahan Nero, Joko Driyono dan Hinca Panjaitan.

Dalam rapat Komite Bersama ini juga dimunculkan wacana duet pelatih atau Dwi Tunggal. Hanya saja rencana itu tidak disetujui oleh pihak PSSI karena dinilai melanggar statuta.

Sementara itu, anggota Komite Bersama dari KPSI, Togar Manahan Nero, mengatakan, diusulkannya Alfred Riedl sebagai pelatih timnas bukan tanpa alasan. Pelatih asal Austria ini, dinilai memilik track record bagus saat menangani timnas Indonesia pada Piala AFF 2010 lalu.

"Saat ditangani Riedl, peringkat timnas bisa menembus 125. Tapi saat ini berbeda jauh. Peringkat Indonesia terperosok hingga 170. Itu salah satu alasan kami tetap mengusung Riedl," katanya dengan tegas.

Dengan belum adanya keputusan soal timnas, polemik sepakbola Indonesia terutama untuk Piala AFF 2012 dipastikan belum tuntas. Rencananya, Komite Bersama akan terus membahas permasalahan ini.

Terkait nama-nama pemain timnas yang akan diturunkan di Piala AFF 2012, pihak PSSI tetap mengusulkan 35 nama yang terdiri gabungan pemain ISL dan IPL, serta pemain Indonesia yang bermain diluar negeri maupun pemain naturalisasi.

Pendaftaran pemain yang turun di Piala AFF sesuai jadwal akan berakhir Kamis nanti. Dan jumlah pemain itu harus berkurang menjadi 22 satu hari sebelum manager meeting dilakukan.(IAN/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini