Sukses

Barcelona Susah Payah Kalahkan Celtic

Gol Andres Iniesta dan Jordi Alba di menit-menit akhir babak pertama serta kedua membawa Barcelona menang 2-1 atas Celtic FC di penyisihan Grup G Liga Champions. Celtic unggul lebih dulu berkat gol bunuh diri Javier Mascherano.

Liputan6.com, Barcelona: Menjamu Celtic di Camp Nou, Rabu (24/10) dinihari, Barcelona nyaris sudah unggul saat pertandingan baru berjalan dua menit. Lolos jebakan offside dan menerima umpan dari kerjasama Xavi Hernandez dan Andres Iniesta, Alexis Sanchez tinggal berhadapan dengan kiper Fraser Forster. Sayang, tendangan masih tipis di sampin gawang.

Di menit 16, sundulan Messi menyambut umpan Iniesta dengan sigap diselamatkan Forster. Setelah itu, serangan balik cepat Celtic berujung pada pelanggaran di kiri pertahanan Barcelona. Tendangan bebas Charles Mulgrew disambut sundulan Samaras dan mengenai badan Javier Mascherano. Bola lantas masuk ke gawang tanpa bisa diantisipasi kiper Victor Valdes. Skor 1-0 untuk Celtic di menit 18.

Tertinggal, Barcelona meningkatkan serangan. Menit 22, tendangan bebas Messi masih tipis di atas mistar gawang. Forster kembali penyelamatan padai menit 32. Tendangan Adriano dari luar kotak penalti ditangkap dengan sempurna. Tiki-taka akhirnya membuahkan gol jelang babak pertama berakhir. Umpan Messi ke Iniesta dilanjutkan ke Xavi dan kembali disodorkan ke Iniesta. Dengan tenang, Iniesta menaklukkan Forster. Skor 1-1 bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Barcelona langsung tampil menekan. Namun, disiplin dan rapatnya barisan pertahanan Celtic masih sulit ditembus. Serangan balik cepat Celtic pada menit 61 membahayakan Barcelona. Berkat kesigapan Mascherano yang memotong umpan silang Hooper kepada Forrest, gawang Valdes aman dari kemasukkan gol. Sementara itu, tendangan Messi di menit 64 lagi-lagi ditangkap sempurna oleh Forster. Begitu juga dengan tendangan Iniesta dua menit berselang.

Forster memang tampil gemilang. Tendangan Messi persis di depan gawang pada menit 66 ditepisnya dan hanya menghasilkan sepak pojok. Forster kembali menepis sundulan Messi yang menyambut umpang Iniesta.

Tak kunjung menambah gol, pelatih Tito Vilanova memainkan David Villa menggantikan Alexis Sanchez. Baru beberapa menit, Villa nyaris membuat Gol andai saja tendangannya tidak membentur tiang gawang.

Ketika pertandingan bakal berakhir imbang, Jordi Alba membuat fans Barcelona bergemuruh. Lolos dari pengawalan pemain belakang Celtic, Alba menyambut umpan Adriano untuk menjebol gawang Forster di menit 94. Semenit kemudian, wasit G Rocchi meniup tanda pertandingan berakhir.

Kemenangan ini memantapkan Barcelona di puncak klasemen sementara Grup G dengan poin sembilan dari tiga laga. Sementara Celtic tetap di posisi kedua dengan nilai empat. Posisi ketiga diisi Spartak Moscow dengan poin tiga berkat kemenangan 2-1 atas Benfica.(BOG)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini