Sukses

Laos Tim Penggembira AFF 2012

Timnas Laos dianggap sebagai peserta penggembira dalam Piala AFF 2012. Laos tidak pernah lolos dari fase grup sejak AFF Tiger Cup 1996.

Liputan6.com, Jakarta: Timnas Laos bisa dikatakan sebagai tim gurem. Bukan tanpa alasan, Timnas Laos dianggap sebagai peserta penggembira dalam Piala AFF 2012. Laos tidak pernah lolos dari fase grup sejak AFF Tiger Cup 1996.
 
Terakhir kali berlaga di AFF Suzuki Cup 2010, mereka ada di posisi buncit Grup A. Tim berjuluk Thim Xad itu bahkan tak pernah menang dalam tiga kali laga yang dilakoninya, termasuk dikalahkan Indonesia 6-0.
 
Pada AFF Suzuki Cup 2012, Laos akan bertemu Indonesia lagi pada Ahad nanti. Keduanya berada di Grup B, bersama-sama dengan Malaysia, dan Singapura.
 
Sepertinya kekuatan Laos pun tidak banyak berubah meski saat ini memiliki pelatih baru, Kokichi Kimura. Menurut laman FIFA, mereka dua kali kalah dalam laga uji coba terakhir, melawan Turkmenistan 2-4 dan Vietnam 0-4.
 
Angin segar yang mereka miliki hanyalah berhasil lolos ke Piala AFF tahun ini, setelah bergulat di babak kualifikasi. Bersama Myanmar, Laos lolos karena berada di peringkat dua.
 
Pada babak kualifikasi tersebut, mereka menang dua kali dari empat laga. Laos berhasil mengalahkan Kamboja 1-0, dan Brunei 3-1. Dengan performa seperti itu, FIFA menaruh Laos di peringkat 177 dunia.(ANT/JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.