Sukses

Indonesia Nyaris Dipermalukan Laos

Ditandai dua kartu merah, Indonesia nyaris menelan kekalahan saat menghadapi Laos di partai perdana penyisihan Grup B Piala AFF 2012 sebelum akhirnya memaksakan hasil imbang 2-2 (1-1).

Timnas Indonesia nyaris mendapat malu alias gagal meraih poin saat menghadapi Laos di pertandingan pertama Piala AFF 2012. Pada laga yang dilangsungkan di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia ini, Minggu (25/11), Indonesia yang sempat tertinggal dua kali, hanya mampu menorehkan hasil imbang 2-2 (1-1).

Hasil ini dapat dikatakan buruk mengingat laga kali ini menjadi hasil imbang pertama Indonesia kala menghadapi Laos sejak tahun 2010, di mana Indonesia berhasil membantai Laos dengan skor 6-0 di Piala AFF dua tahun lalu.

Di babak pertama, Indonesia belum bisa menunjukan performa terbaiknya. Skuad asuhan Nil Maizar ini hanya mampu mendominasi permainan selama 20 menit. Selanjutnya, Laos mampu memberikan tekanan kepada lini pertahanan Indonesia.

Petaka pun menyambangi Indonesia di menit 29, kala kiper Indonesia  Endra Prasetya Suprapto diganjar kartu merah, akibat menjegal pemain Laos di dalam kotak penalti. Selain kartu merah, Indonesia pun harus menerima tendangan penalti. Sayavoutthi Khampeng yang tampil sebagai eksekutor tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Khampeng tanpa ampun melontarkan tendangan keras, dan berhasil mengecoh kiper Wahyu Tri Nugroho, yang menggantikan posisi Suprapto.

Untungnya, tiga menit sebelum babak pertama usai, Indonesia mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Adalah Raphael Guillerm Eduardo Maitimo, yang berhasil memanfaatkan bola muntah hasil sundulan Bambang Pamungkas. Maitimo berhasil menceploskan bola ke gawang Sengphachan Bounthisanh lewat sebuah sundulan. Skor 1-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Setelah jeda turun minum, Indonesia mencoba untuk bermain lebih agresif, namun koordinasi antar pemain yang masih belum terlalu baik, membuat permainan Indonesia kerap kehilang bola. Akhirnya, Indonesia pun harus kembali tertinggal satu gol, kala Keoviengpheth Lithideth  yang berhasil melewati dua pemain belakang Indonesia, berhasil menjinakan kiper Tri Nugroho pada menit 79.

Tertinggal satu gol, tidak membuat Indonesia menyerah begitu saja. Andik Fermansyah dan kawan-kawan terus memberikan tekanan kepada Laos, dan akhirnya berselang 10 menit dari gol kedua Laos, Indonesia berhasil menyamakan kedudukan. Adalah Victor Mofu yang menyelamatkan Tim Garuda dari kekalahan, setelah memanfaatkan bola muntah yang tidak dapat digapai Bounthisanh. Skor 2-2 tak berubah hingga pertandingan usai.

Untuk sementara, Indonesia berhasil memuncaki klasemen sementara Grup B Piala AFF dengan satu poin, di susul oleh Laos dengan poin yang sama. (GAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.