Sukses

FA Investigasi Rasisme Fans West Ham United

Asosiasi Sepakbola Inggris atau FA akan menyelidiki laporan rasisme yang dilakukan para pendukung West Ham United terhadap suporter Tottenham Hotspur. Mereka mengejek pendukung Hotspur yang secara tradisional mempunyai ikatan kuat dengan komunitas kaum Yahudi di London.

Asosiasi Sepakbola Inggris atau FA akan menyelidiki laporan rasisme yang dilakukan para pendukung West Ham United dalam laga kontra Tottenham Hotspur di White Hart Line, Ahad (25/11) malam. Laga itu berakhir 3-1 untuk kemenangan Hotspur.

Mereka mengejek pendukung Hotspur yang secara tradisional mempunyai ikatan kuat dengan komunitas kaum Yahudi di London. Ini kali kedua tindakan rasisme dilakukan terhadap para suporter Hotspur. Sebelumnya, di ajang Liga Europa, tindakan rasisme serupa juga dilakukan para tifosi Lazio.

Sam Allardyce mengaku tidak mendengar ucapan rasisme tersebut. "Saya tidak mendengar apa yang fans katakan atau lakukan, karena saya berkonsentrasi sebagai manajer pada permainan sepakbola," kata manajer West Ham itu seperti dilansir BBB, Senin (26/11).

Saya memilih untuk tidak merusak kinerja dengan situasi seperti ini," tambah Allardyce. "Memang ada persaingan yang besar antara Hotspur dan West Ham karena merupakan dua klub besar dari London."

Oktober lalu, Lazio didenda 32.500 euro atau sekitar Rp 400 juta akibat tindakan rasisme di White Hart Lane pada September. Ketika itu, trio Hotspur, yakni Jermain Defoe, Aaron Lennon, dan Andros Towsend dilaporkan dilecehkan dengan suara-suara mirip monyet.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.