Sukses

Spanyol Turunkan Tim Terkuat

Setahun sebelum Piala Dunia dilangsungkan, FIFA menggelar Piala Konfederasi sebagai ajang pemanasan. Meski demikian, juara dunia Spanyol bakal tampil dengan komposisi terkuatnya.

Menyusul keberhasilannya menjadi juara dunia di ajang putaran final Piala Dunia (PD) 2010 di Afrika Selatan, Timnas Spanyol berhak berkiprah di turnamen pemanasan yang dilangsungkan setahun sebelum PD digelar, yaitu Piala Konfederasi 2013. Kali ini, turnamen dimaksud akan diselenggarakan di Brasil, tuan rumah PD 2014. Sebelumnya, empat tahun lalu, Spanyol ikut nimbrung di Piala Konfederasi 2009 dengan status juara Piala Eropa 2008.

Meski turnamen baru akan dimulai pada pertengahan Juni mendatang, jauh-jauh hari, Timnas Spanyol telah memberi pesan kepada para pesaingnya jika mereka bakal turun dengan komposisi terbaiknya. Kepastian tersebut diungkapkan langsung oleh arsitek Timnas Spanyol, Vicente del Bosque.

Mantan pelatih Real Madrid berusia 61 tahun yang sukses mengantarkan La Furia Roja menjadi juara PD 2010 dan jawara di Euro 2012, berharap anak-anak asuhannya mampu melanjutkan prestasi gemilangnya di kancah internasional, termasuk Piala Konfederasi.

“Saat ini miliknya persepakbolaan Spanyol. Itulah yang memberi kami harapan dapat bermain dengan baik di Piala Konfederasi dan, bahkan, Piala Dunia (2014). Apakah itu partai persahabatan atau kompetisi resmi, kami selalu ingin bermain bersama para pemain terbaik yang kami miliki. Piala Konfederasi juga penting. Karenanya, kami akan turun dengan tim yang terkuat,” tegas Del Bosque, satu-satunya pelatih yang mampu meraih tiga gelar bergengsi: Piala Dunia, Euro, dan Liga Champions.

Rencananya, pada Sabtu (1/12), FIFA akan menggelar undian pembagian grup di Piala Konfederasi dalam acara yang dilangsungkan di Anhembi Convention Center, Sao Paulo. Dengan status tim unggulan bersama Brasil, Spanyol telah dipastikan bakal tergabung dalam Grup B bersama-sama Uruguay. Sementara, wakil Eropa lainnya, Italia yang berstatus perwakilan dari Eropa—sebagai runner-up Euro 2012—masuk dalam Grup A dan bertemu dengan Tim Samba.

Sebanyak delapan negara mendapatkan tiket untuk bertarung di Piala Konfederasi 2013. Kedelapan negara tersebut adalah tuan rumah Brasil, juara dunia pada PD sebelumnya (Spanyol), juara AFC Asian Cup 2011 (Jepang), jawara Gold Cup Concacaf 2011 (Meksiko), juara Copa Amerika 2011 (Uruguay), juara OFC Nations Cup 2011 (Tahiti), dan juara Piala Afrika 2013.(MEG/Goal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini