Atletico yang Jago Kandang

  • Liga Spanyol
  • 0
  • 26 Des 2012 13:12
Sempurna, tak ternoda, unik, dan tak ada bandingannya. Itulah rapor penampilan Atletico Madrid yang tak terkalahkan di semua ajang kompetisi yang dilangsungkan di kandangnya sendiri, Estadio Vicente Calderon, di musim ini. Total jenderal, Los Rojiblancos tampil dalam 14 pertandingan, sembilan (9) partai di La Liga, tiga (3) partai di ajang Europa League, dan dua (2) partai di kancah Copa del Rey. Hasilnya? Sempurna! Skuad asuhan Diego Simeone memetik 14 kali kemenangan.

Catatan itu sungguh unik dan tak ada bandingannya mengingat tidak ada satu klub di kompetisi utama (elite) Eropa yang mampu melakukannya. Hanya FC Porto yang bisa mengklaim menyamai pencapaian Atletico dengan menoreh sembilan kali kemenangan saat bermain di Estadio do Dragao. Selebihnya, hanya Barcelona di La Liga Spanyol yang hampir menyamai prestasi Atletico. Di kancah liga, rekor Los Blaugrana 'tercoreng' dengan hasil imbang 2-2 saat menjamu Real Madrid. Sementara, di babak penyisihan grup Liga Champions, Barca sempat bermain 0-0 menghadapi Benfica.

Inggris? Pimpinan klasemen Manchester United sekali menuai kekalahan 2-3 dari Tottenham Hotspur. Jawara Italia Juventus juga dipecundangi Inter Milan 1-3 dan ditahan imbang Lazio 0-0. Di Jerman, Bayern Muenchen juga sekali menuai kekalahan saat ditundukkan Bayer Leverkusen 1-2.

Kembali ke Atletico. 14 klub yang gagal memecundangi Radamel Falcao dkk di kandangnya sendiri adalah Athletic Bilbao, Rayo Vallecano, Real Valladolid, Viktoria Plzen, Malaga, Academica de Coimbra, Osasuna, Getafe, Hapoel Tel-Aviv, Sevilla, Jaen, Deportivo La Coruna, Getafe, dan Celta Vigo. Bahkan, melihat jauh ke belakang, di musim lalu, catatan Atletico bertambah menjadi 16 pertandingan menyusul kemenangan di dua partai terakhir La Liga, yaitu dengan mengalahkan Malaga 2-1 (5 Mei), dan menggunduli Bilbao 3-0, 9 Mei.

Klub terakhir yang sanggup menahan keperkasaan Atletico adalah Real Sociedad yang memaksakan hasil imbang 1-1 lewat gol Carlos Vela di injury time, 2 Mei lalu. Real Zaragoza menjadi tim terdepan yang berpeluang mencoreng rekor sempurna Atletico saat kedua tim berhadapan dalam lanjutan liga di pekan ke-19, 13 Januari mendatang.(MEG/Marca)
Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler