Sukses

3 Angka Lazio, 3 Kartu Merah Cagliari

Dua kartu merah untuk Cagliari di sepuluh menit terakhir babak kedua membuka jalan kemenangan Lazio di pekan ke-19.

Miroslav Klose memang tidak mencetak gol. Namun, manuver penyerang senior asal Jerman itu mengubah jalannya laga Serie A pekan ke-19 antara Lazio dan Cagliari di Olympico, Sabtu (6/1) atau Minggu dini hari wib.

Di menit ke-83, ujung tombak Lazio berusia 34 tahun itu menerima umpan dalam skema serangan balik. Kiper Cagliari, Michael Agazzi, menjatuhkan Klose saat berhadapan satu lawan satu.

Wasit Daniele Orsato mengganjar Agazzi kartu kuning kedua sekaligus memberikan hadiah penalti untuk Biancocelesti. Kartu kuning ganda itu membuat Agazzi terusir dari lapangan.

Di saat pemain Rossoblu - julukan Cagliari - mengerubungi wasit, kemalangan semakin bertambah karena kartu merah jatuh untuk gelandang Andrea Cossu. Wasit mengganggap Cossu memprotes terlalu keras. Tim asal Sardinia bersiap menerima penalti Lazio sekaligus kehilangan dua pemain.

Gelandang Antonio Candreva tak menyia-nyiakan kesempatan. Pemain pinjaman dari Udinese itu melepaskan tembakan ke sisi kiri gawang Cagliari yang dikawal kiper pengganti, Vlada Avramov. Lazio sukses menyelamatkan tiga angka dalam laga kandang di ibukota.

Sebelum insiden itu, Cagliari sebenarnya berpeluang mencuri angka. Di menit ke-62, Marco Sau mengejutkan tifosi tuan rumah dengan tendangan menyilang yang menembus sudut kanan gawang Federico Marchetti.

Lazio bereaksi dengan meningkatkan intensitas serangan. Bek asal Prancis, Abdoulay Konko, menyamakan kedudukan lewat sebuah gol sontekan. Dalam keadaan 1-1, Lazio semakin menekan. Jalannya pertandingan mulai berat sebelah.

Dengan kemenangan ini, Lazio berhasil mempertahankan posisi kedua klasemen sementara dengan 39 angka. Sekalipun tim peringkat ketiga, Fiorentina, mampu merebut tiga angka saat melawan Pescara, Minggu (7/1) atau Senin dini hari wib, Lazio tetap unggul satu angka.

Bagi Cagliari, kekalahan menyakitkan ini membuat mereka terancam turun ke zona degradasi. Itu bisa terjadi jika Palermo yang berada di peringkat ke-18, mampu meraih tiga angka saat bertandang ke kandang Parma, Minggu (7/1). Perolehan 16 angka angka Cagliari di peringkat ke-17, hanya berselisih satu angka dari Palermo.

Yang lebih berat, pekan depan mereka dipastikan tak akan ditemani pelatih Ivo Pulga. Pulga adalah unsur Cagliari yang pertama diusir dalam lawatan ke kota Roma. Yang pertama pula dalam debutnya sebagai pelatih di Serie A (Her).  

Lazio 2 - 1 Cagliari
Stadion: Olympico, Roma
Wasit: Daniele Orsato

Gol: Marco Sau (62), Abdoulay Konko (79), Antonio Candreva (pen.86)
Kartu kuning: Andre Dias (47), Daniele Dessena (44)
Kartu merah: Ivo Pulga (32), Michael Agazzi (83), Marco Sau (84)

Lazio: Marchetti, Konko, Biava, Dias (Ciani.74), Ledesma (Floccari), Mauri, Hernanes, Gonzalez (Candreva.74), Lulic, Klose
Cagliari: Agazzi, Perico, Del Fabro, Rosettini, Avelar, Dessena (Cossu.56), Conti, Ekdal, Nainggilan, Ibarbo (Avramov.86), Sau (Nene.30).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini