Sukses

Del Bosque: Kami di Puncak Dunia

Peraih pelatih terbaik FIFA Ballon D'Or 2012, Vicente Del Bosque, menyebut sepakbola negerinya kini menjadi kiblat dunia.

Bagi pelatih tim nasional Spanyol, Vicente Del Bosque, kebanggaan dan kehormatan bukan saja meraih penghargaan pelatih terbaik FIFA Ballon D'Or 2012. Yang lebih penting, Spanyol kini menjadi kiblat sepakbola dengan meloloskan dua pelatihnya di tiga teratas kandidat pelatih terbaik sejagad.

"Merupakan kebahagiaan dan kehormatan dengan adanya dua pelatih Spanyol di tiga teratas (kandidat Ballon D'Or). Itu menunjukkan negeri kami adalah puncak sepakbola hari ini," kata pelatih yang sukses membawa "La Furia Roja" merebut Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012 itu.

Dua pelatih Spanyol yang dimaksud Del Bosque adalah dirinya dan mantan pelatih Barcelona, Josep Guardiola. Satu kandidat lainnya adalah pelatih Real Madrid asal Portugal, Jose Mourinho. Del Bosque terpilih sebagai yang terbaik menyingkirkan Guardiola dan Mourinho.

Pujian mantan pelatih Madrid terhadap sepakbola negerinya itu bukan tanpa alasan. Coba tengok, di kategori pemain terbaik peraih Ballon D'Or, Lionel Messi memang bukan warga Spanyol. Namun, kesuksesan pria Argentina itu tak terlepas dari aksinya di klub liga Spanyol, Barcelona.

Dominasi Spanyol juga tampak dalam 11 pemain di tim terbaik 2012 pilihan FIFA. Seluruhnya berasal dari La Liga. Lima dari Barcelona: Lionel Messi, Andres Iniesta, Xavi Hernandez, Gerard Pique, Dani Alves; lima dari Real Madrid: Cristiano Ronaldo, Iker Casillas, Sergio Ramos, Xabi Alonso, Marcelo. Satu nama lagi dihuni oleh bomber Atletico Madrid asal Kolombia: Radamel Falcao.

Kini, Spanyol bukan lagi negara yang belajar sepakbola dari negeri lain. Spanyol, kata Del Bosque, menjelma menjadi acuan sepakbola negara lain. "Di masa lalu, kami belajar banyak hal. Tapi, sekarang kami berada di level di mana orang melihat kami. Apa yang terjadi adalah momen besar untuk sepakbola Spanyol," ujar Del Bosque.

Satu-satunya pengecualian dalam kesuksesan Spanyol sejak merebut Piala Eropa 2008 adalah Lionel Messi. Bocah ajaib asal Argentina itu selalu menjadi yang terbaik di tengah kemegahan sepakbola negeri "matador". Del Bosque tek menutupi keinginannya melengkapi kejayaan sepakbola negerinya dengan memilih tiga pemain tim nasional Spanyol untuk peraih Ballon D'Or.

"Saya menominasikan tiga pemain Spanyol sebagai bukti momen luar biasa negara kami dalam sepakbola. Dengan alasan itu, saya memilih dua kapten kami (Iker Casillas dan Xavi Hernandez) bersama Iniesta sebagai pemain terbaik Eropa tahun ini," ujar mantan pemain Real Madrid kelahiran Salamanca, Spanyol, 23 Desember 1950, itu. (Marca/HER)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini