Sukses

Djohar: Timnas Harus di Bawah Kendali PSSI

Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin menegaskan timnas yang akan bertanding dalam pertandingan internasional harus tetap berada di bawah kendali federasi resmi yaitu PSSI bukan lembaga lain.

Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin menegaskan timnas yang akan bertanding dalam laga internasional harus tetap berada di bawah kendali federasi resmi yaitu PSSI bukan lembaga lain. Pernyataan Djohar disampaikan setelah ada wacana KONI akan mengambil alih penanganan timnas.

"Jika timnas dikelola Task Force atau KONI jelas gak ada dasarnya," kata Djohar setelah bertemu Pelaksana Tugas Menpora Agung Laksono di Kantor Kemenpora Jakarta, Selasa (8/1). Menurut dia, sebagai federasi yang sah dan diakui AFC dan FIFA, PSSI berhak membangun timnas yang akan diturunkan pada pertandingan-pertandingan resmi maupun uji coba yang telah diagendakan sebelumnya.

Agenda timnas dalam waktu dekat adalah menjalani pertandingan Pra Piala Asia (PPA) 2015. Indonesia pada kejuaraan empat tahunan tergabung di Grup C bersama Saudi Arabia, Irak dan Cina. Selain itu SEA Games 2013 di Myanmar.

Guna menghadapi kejuaraan ini, PSSI di bawah pimpinan Djohar Arifin Husin telah memanggil sebanyak 54 pemain dari kompetisi Indonesia Super League (ISL), Indonesia Premier League (IPL), pemain naturalisasi, serta pemain dari kompetisi lainnya.

Ditanya peluang Indonesia dalam PPA 2015, mantan Sekjen KONI Pusat itu mengaku optimistis dengan kemampuan yang dimiliki timnas meski saat ini masih dalam pembentukan tim. "Kami berharap bisa mendapatkan poin. Meski lawannya berat semuanya mungkin terjadi. Yang penting anak-anak siap dalam 90 menit," kata Djohar.(ANT/JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.