Sukses

Chris John Segera Jalani Latihan di Australia

Pemegang gelar Super Champions kelas bulu WBA,Chris John akan segera menjalani latihan intensif di Sasana Herry's Gym di Perth, Australia untuk menghadapi pertarungan perebutan gelar.

Pemegang gelar Super Champion kelas bulu WBA Chris John segera menjalani latihan secara intensif di Sasana Herry's Gym di Pertah, Australia, untuk menghadapi pertarungan perebutan gelar.

"Saya memang belum dikabari kepastian untuk berlatih di Australia tetapi kemungkinan akhir Januari ini saya harus berangkat ke sana," kata pemegang rekor bertarung 48 kali menang (22 di antaranya dengan KO) dan dua kali seri tersebut di Semarang, Rabu (16/1/13).

Menurut petinju yang sudah sembilan tahun menjadi juara dunia tanpa putus tersebut, soal kepastian tanggalnya memang belum diberitahu secara resmi dari pelatih Craig Christian yang juga manajernya.

Chris John terakhir kali mempertahankan gelar saat menang angka atas petinju Thailand Chonlatarn Piriyapinyo di Marina Bay Sands Singapura, 9 November 2012 lalu.

Pertarungan melawan Chonlatarn tersebut merupakan pertarungan ke-17 kali bagi Chris John dalam rangka mempertahankan gelar yang direbutnya setelah mengalahkan petinju Kolombia Oscar Leon melalui pertarungan ad-interim di Bali, 26 September 2003.

Dari 17 kali pertarungan yang telah dijalani ayah dua orang putri (Maria Luna Ferisha dan Maria Rosa Christiani) tersebut, lima di antaranya melalui pertarungan wajib atau "mandatory fight" dan sisanya melalui pertarungan pilihan.

Lima kali pertarungan wajib yang dijalani Chris John adalah melawan Jose Cheo Rojas (Venezuela), Derrick Gainner (Amerika Serikat), Juan Manuale Marquez (Meksiko), Roinet Caballero (Panama), dan Hiroyuki Enoki (Jepang).

Bahkan usai mengalahkan Hiroyuki Enoki di Korakuen Hall, Tokyo, Jepang, 24 Oktober 2008, Chris John mendapat gelar Super Champion karena berhasil mempertahankan gelarnya sebanyak 10 kali tanpa putus.

Sementara itu dari 12 kali pertarungan pilihan yang dijalani Chris John, dua kali melawan petinju yang sama yaitu Rocky Juarez dari Amerika Serikat. Pada pertarungan pertama di Toyota Center, Houston, Texas, Amerika Serikat, 28 Februari 2009, pertarungan kedua petinju berakhir dengan seri karena tiga jurinya memberikan nilai yang sama 114-114.

Akhirnya promotor dari Golden Boys Promotions pimpinan mantan petinju dunia Oscar de la Hoya memutuskan untuk mengulang pertarungan Chris John melawan Rocky Juarez. Pada pertarungan kedua di MGM Grand Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, 19 September 2009, akhirnya Chris John menang angka atas Rocky Juarez (119-109,117-111, 114-113). (Ant/Jef/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.