Sukses

Banding Skorsing Ramos Ditolak

Pukulan hebat bagi Real Madrid. Upaya bandingnya terkait skorsing lima pertandingan yang dijatuhkan pada bek andalan Sergio Ramos ditolak Komite Banding RFEF.

Pukulan hebat bagi Real Madrid dan Jose Mourinho. Upaya bandingnya terkait skorsing lima pertandingan yang dijatuhkan pada bek andalan Sergio Ramos ditolak Komite Banding Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF). Ramos diganjar sanksi berat menyusul sikapnya yang melontarkan kata-kata penghinaan terhadap wasit Ayza Gamez, pengadil yang mengeluarkan dua kartu kuning alias kartu merah pada bek Timnas Spanyol tersebut di laga leg kedua babak 16 besar Copa del Rey menghadapi Celta Vigo di Santiago Bernabeu, Rabu (9/1/13) lalu.

Dalam proposal bandingnya, Los Blancos berargumen jika kartu kuning kedua yang diberikan pada Ramos menyusul pelanggarannya terhadap Augusto Fernandez dan kata-kata celaan dan hinaan yang ditujukan pada wasit Ayza Games merupakan satu tindakan kesatuan yang hanya pantas diberikan satu sanksi.

Namun, argumen tersebut ditampik. Komite Banding menilai tindakan yang dilakukan Ramos adalah dua aksi yang berbeda, dan karenanya pantas diganjar dua sanksi yang berbeda pula, yaitu skorsing satu partai untuk pengusiran (kartu merah) dan skorsing empat pertandingan untuk sikap penghinaan.

Lebih jauh, Komite Banding merujuk kode disiplin yang diatur RFEF yang menegaskan bahwasanya, “perbuatan yang menghina wasit bakal dihukum dengan skorsing minimal empat pertandingan”. Aturan itulah yang membuat Sergio Garcia yang menghina wasit Del Cerro Grande dan rekan Ramos, Fabio Coentrao yang menghina wasit Perez Laza, juga diganjar sanksi empat partai.

Dengan demikian, setelah absen di laga lawan Osasuna dan leg pertama perempat final Copa del Rey melawan Valencia, Selasa (15/1/13) lalu, Ramos tetap jadi penonton saat Madrid menjalani tiga pertandingan ke muka, yaitu laga lanjutan La Liga di pekan ke-20 menghadapi Los Che di Estadio Mestalla, Minggu (20/1/13), leg kedua babak perempat final Copa del Rey melawan tim yang sama di tempat yang sama pula, Rabu (23/1/13), dan laga lanjutan La Liga di jornada ke-21 menjamu Getafe di Bernabeu, Sabtu (27/1/13). Meski demikian, masih ada satu proses hukum yang dapat meringankan hukuman bagi Ramos, yaitu mengajukan banding ke Komite Disiplin Olahraga Spanyol. (AS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini