by bogi.triyadi

Impian Mark Marquez Jadi Kenyataan

  • Liga Dunia
  • 0
  • 06 Feb 2013 19:24
Bisa menjadi pembalap MotoGP bagi Mark Marquez adalah impian yang menjadi nyata. Sebab, bersaing dengan juara dunia sembilan kali Valentino Rossi dan para pembalap papan atas MotoGP lainnya merupakan hal yang diimpikannya.

Musim ini merupakan kali pertama Marquez membalap di MotoGP. Ia menggantikan pembalap Australia, Casey Stoner, di tim Honda. Pembalap Spanyol berusia 19 tahun ini merupakan juara Moto2 pada tahun lalu.

Sejak awal tes pra musim selama tiga hari di Sirkuit Sepang, Malaysia, Marquez tampil cukup baik. Pada hari pertama, remaja Spanyol ini menjadi pebalap tercepat ketiga di belakang rekan setimnya, Dani Pedrosa, dan juara bertahan asal Yamaha, Jorge Lorenzo. Sementara Rossi menduduki peringkat keempat. Marquez lebih lambat 0,044 detik di belakang Pedrosa yang mencatatkan waktu 2 menit 01,157 detik.

"Valentino adalah pahlawan saya. Dani merupakan panutan saya. Benar-benar impresif ketika Anda melihat mereka di trek. Ini adalah mimpi saya yang menjadi nyata," ucap Marquez kepada AFP, Selasa (6/2/13).

Catatan waktu lap terbaik Marquez masih di bawah catatan resmi Sirkuit Sepang, yakni 2 menit 02,108 detik yang ditorehkan Stoner. Pria Australia itu mencatatkan waktu 1:59,607 pada tes pra musim tahun lalu.

Namun, Marquez mengatakan, mencatatkan waktu lap tercepat bukan hal paling penting bagi dirinya saat tes. "Di MotoGP lebih baik untuk konstan dengan catatan waktu lap yang bagus," ujarnya. "Kemudian informasi adalah hal yang lebih baik untuk mempersiapkan diri bagi balapan."

Marquez mengatakan, dirinya akan fokus pada pengembangan posisinya sepanjang balap kejuaraan MotoGP. Sementara naik podium belum termasuk dalam radarnya karena Lorenzo, Pedrosa, dan Rossi akan lebih cepat.

"Tujuannya adalah menjalani balap demi balap, berusaha untuk menikmatinya, dan setiap waktu semakin baik, serta lebih baik lagi," ucapnya.

Pujian datang dari Rossi atas kecakapan berkendara dan determinasi Marquez. "Saya menyukai sikapnya. Ia seperti ingin memenangi kejuaraan di gebrakan pertama," tutur Rossi.

Marquez mengungkapkan, sepeda motor Honda memiliki banyak potensi dan ia akan menggunakan periode tes untuk bermain dengan sistem elektroniknya dan menyesuaikan diri. "Saya merasa begitu baik perihal sepeda motornya. Namun, tetap saja saya perlu berkembang di Sepang," ujarnya.

Tes akan berlangsung hingga Kamis besok. Balap pertama tahun ini akan dilangsungkan pada malam hari di Qatar, akhir pekan pertama April mendatang setelah dua sesi tes lagi.(Ant)
Comments
Sign in to post a comment