Sukses

Rumor Indonesia Punya 3 Timnas, Bernard Limbong: Itu Bohong!

Benarkah Indonesia kini mempunyai 3 timnas sepakbola? Ada rumor kini Indonesia punya 3 timnas bahkan bisa lebih. Rumor tersebut langsung dibantah penanggung jawab timnas Bernhard Limbong.

Benarkah Indonesia kini mempunyai 3 timnas sepakbola? Rumor tentang keberadaan 3 timnas Indonesia ramai dibicarakan di jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Jika berita itu benar, berarti luar biasa. Baru kali ini terjadi di dunia, sebuah negara mempunyai timnas sebanyak 3 tim.

Rumor yang berkembang, kini ada 3 timnas sepakbola Indonesia. Yang pertama, timnas yang dibesut pelatih Nil Maizar. Kedua, ada timnas yang dibentuk KPSI pimpinan La Nyalla Mattalitti. Yang ketiga, timnas sepakbola bentukan PSSI yang diketuai Djohar Arifin.

Rumor itu masih belum selesai sampai di situ. Ada lagi kabar yang tak jelas sumbernya menyebutkan bahwa pemerintah melalui Kemenpora juga akan membentuk Badan Tim Nasional (BTN) sekaligus membuat timnas. Bahkan KONI sebagai induk organisasi olahraga nasional itu juga disebut-sebut akan membuat timnas sepakbola. Makin seru. KONI memang berencana membentuk timnas Indonesia U-23 untuk mengikuti laga di ajang SEA Games 2013.

Beberapa waktu terakhir, Indonesia hanya mempunyai 2 timnas. Satu timnas di bawah pelatih Nil Maizar yang bernaung pada payung PSSI dengan ketua umumnya Djohar Arifin. Kedua, timnas di bawah pelatih Alfred Riedl yang merupakan bentukan KPSI La Nyalla Matalitti. 

Skuat timnas asuhan Nil Maizar terdiri dari para pemain asal kompetisi Indonesia Premier League (IPL) ditambah beberapa pemain dari Divisi Utama PSSI, tim PON, dan sejumlah pemain naturalisasi. Sedangkan timnas Indonesia versi KPSI yang dibesut Alfred Riedl diisi oleh para pemain dari kompetisi Indonesia Super League (ISL).

Masalah muncul ketika Djohar menunjuk secara sepihak Luis Manuel Blanco sebagai pelatih baru timnas senior dan U-23. Padahal, para petinggi PSSI lain disebut-sebut tidak setuju. Terutama para anggota Exco PSSI terkait dengan pengangkatan pelatih asal Argentina itu.

Rumor yang berkembang adalah bahwa Djohar Arifin Husin tak ambil pusing. Dia pun mengumpulkan orang-orang yang bersedia mendukungnya dan kemudian membentuk Badan Tim Nasional (BTN) versi mereka. Bahkan, BTN bentukan Djohar Arifin ini rumornya sudah memanggil 6 pemain untuk memperkuat timnas Indonesia yang bakal dilatih oleh Luis Manuel Blanco. Ada 4 pemain, di antaranya Andik Vermansyah, Irfan Bachdim, Raphael Maitimo, dan Taufiq.

Kabar tentang pembentukan timnas oleh Djohar Arifin itu mendapat bantahan dari penanggung jawab timnas Bernhard Limbong.

"Sekali lagi saya tekankan berita tersebut tidak benar, dari mana bisa mendapat kabar tersebut jika Pak Djohar saja sedang ke Medan untuk pembukaan LPI. Berita mengenai timnas tandingan itu bohong, itu hanya isu belaka. Tidak segampang itu untuk membuat timnas," ucap Limbong, Jumat (15/2/13) kepada Liputan6.com. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.