Seedorf: Jangan Bandingkan Neymar dengan Ronaldo dan Messi

  • Liga Dunia
  • 0
  • 16 Feb 2013 00:59

neymar_130215afpc.jpg
Gelandang veteran Belanda Clarence Seedorf meminta semua pihak untuk tidak membandingkan bintang muda Brasil Neymar dengan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Seedorf mencemaskan terlalu beratnya tekanan untuk Neymar.

Seedorf dapat menyaksikan lebih dekat aksi Neymar karena sejak musim panas lalu bermain untuk Botafogo setelah kontraknya bersama AC Milan berakhir. Seedorf melihat terlalu dini untuk menyerahkan beban membangkitkan sepakbola Brasil kepada Neymar karena masih sangat muda.

Eks pemain Real Madrid itu berharap Neymar tidak lagi dibanding-badingkan dengan Ronaldo ataupun Messi karena bisa menjadi beban tersendiri kepada pemuda 21 tahun itu dalam mengembangkan karirnya.

"Neymar masih sangat muda. Tanggung jawab untuk tim nasional Brasil tidak harus berada padanya seorang. Harus ada orang lain yang mengambil alih itu. Tidak adil membandingkannya dengan Ronaldo dan Messi. Tapi saya senang menyaksikannya bermain. Saya berharap Neymar akan memiliki banyak kesuksesan dalam hidupnya," ujar Seedorf.

Neymar sering digadang-gadang akan segera merumput di Eropa dimana Barcelona, Bayern Muenchen dan Chelsea diketahui sangat berminat. Seedorf pun mendukung hal tersebut. Seedorf yakin Neymar takkan kesulitan beradaptasi di Eropa.

"Ia memiliki bakat besar. Kami pernah bertemu dan saya menyukai energinya. Suatu hari saya berharap dapat melihatnya bermain di Eropa. Mari lihat apakah ia bisa menunjukan kemampuannya di sana juga. Normalnya, jika seorang pemain benar-benar bisa bermain, ia akan beradaptasi," tegas Seedorf. (Goal)

Terpopuler