Musim Depan, Barca Punya 7 Rencana

  • Liga Spanyol
  • 0
  • 17 Feb 2013 03:35

barcelona_tito_130217a.jpg
Kunjungan Direktur Olahraga Barcelona, Andoni Zubizaretta, ke New York, Amerika Serikat, terus mengundang spekulasi. Kepergian ke kota tersibuk di tanah Amerika itu bukan sekadar menjenguk pelatih Tito Vilanova yang menjalani perawatan kanker kelenjar ludah. Zubi - panggilan akrab Zubizaretta - merasa perlu bertatap muka dengan sang pelatih karena pertemuan itu membahas sejumlah perubahan untuk musim depan.

Marca menulis tujuh poin dalam pembicaraan itu. Berikut ketujuh poin itu:

1. Rekrutan Baru
Keputusan kiper Victor Valdes yang tak memperpanjang kontrak pada 2014 membuat posisi kiper menjadi prioritas. Ter Stegen (Borussia Monchenggladbach), Kiko Casilla (Espanyol), De Gea (Manchester United), Guaita (Valencia), dan Reina (Liverpool) adalah sejumlah kandidat yang berada di daftar teratas.

Belum munculnya penampilan terbaik Alexander Song juga membuat Barca sedang mencari bek tengah. Song, yang diharapkan bisa memerankan gelandang bertahan dan bek tengah sekaligus belum menunjukkan performa maksimal. Untuk menutupi itu, bek Borussia Dortmund, Mats Hummels, berada dalam bidikan El Barca.

2. Perpanjangan kontrak

Setelah Xavi, Puyol, dan Messi, kini Andres Iniesta sedang berada dalam pertimbangan kontrak. Barca mungkin meneruskan kontrak pemain terbaik Eropa yang bakal berakhir pada 2015 itu. Selain itu, Adriano Correia juga bakal menandatangani kontrak melebihi 2014 yang kini tertera di surat perjanjiannya.

3. Pemain akademi

Mengorbitkan pemain lulusan akademi La Masia sepertinya akan "dipatenkan" sebagai prosedur standar untuk setiap musim rekrut. Sergi Roberto, Rafinha Alcantara, dan Gerard Delofeu, adalah tiga nama yang berpeluang mendapatkan kesempatan istimewa bergabung bersama tim utama musim depan.

4. Penjualan dan habis kontrak

Ini adalah isu yang paling sensitif. Dengan skuat dan daya kompetisi yang dimiliki Los Cules saat ini, rasanya tak ada pemain yang ingin meninggalkan Camp Nou. Namun, Valdes sudah membuka pembahasan tentang itu. Penyerang kawakan yang dibeli dari Valencia, David Villa, tidak termasuk dalam rencana 2014 Vilanova. Dari sisi ekonomi, penjualan Villa cukup menguntungkan. Pemain ketiga yang berpeluang pergi adalah gelandang belia, Jonathan Dos Santos.

5. Peminjaman pemain

Dengan skuat yang ada, Barca perlu mengirimkan sejumlah talentanya ke klub lain untuk memperkaya pengalaman sang pemain. Bek Marca Bartra dan Martin Montoya bisa dikirimkan "merantau" ke klub lain seperti yang dilakukan terhadap Ibrahim Afellay (Schalke 04) dan Isaac Cuenca (Ajax).

6. Memulangkan pemain pinjaman

Ada sejumlah pemain pinjaman Barca yang sedang ditunggu kepulangannya. Isaac Cuenca adalah salah satu yang sedang ditunggu. Cuenca hanya perlu membuktikan cedera lututnya sudah benar-benar pulih dengan bermain di Amsterdam.

Pemain lain adalah Bojan Krkic (AC Milan) dan Ibrahim Afellay (Schalke). Untuk kedua pemain itu, mereka masih memiliki waktu enam bulan di klub masing-masing untuk menarik perhatian Vilanova.

7. Misteri Abidal
Nama terakhir adalah bek sayap berkebangsaan Prancis: Eric Abidal. Masa depannya tetap belum pasti dan bergantung terhadap perkembangan penyembuhan usai operasi tumor tahun lalu. (M/Def)



Terpopuler