Sukses

Akankah Chelsea Pilih Pellegrini Gantikan Rafa?

Chelsea saat ini sedang mencari pengganti Rafael Benitez yang mundur pada akhir musim, salah satu manajer yang mungkin saja diincar Chelsea adalah pelatih Malaga, Manuel Pellegrini.

Posisi manajer di Chelsea kini bagaikan kursi panas. Rafael Benitez pun sudah gerah dengan ulah para fans The Blues yang kerap menggelar spanduk bernada mengusir Rafa dan mengundang nama pelatih seperti Mourinho dan juga Pellegrini.

Rafa yang seperti sedang putus asa akhirnya melontarkan pernyataan bahwa dirinya akan hengkang dari Stamford Bridge di pengujung musim ini.

Manajemen Chelsea sempat disebut-sebut sedang mengincar pelatih Malaga, Manuel Pellegrini. Manajer asal Chile tersebut memang sukses menggosok skuat Malaga menjadi mengkilat hingga mampu tampil di kancah 16 besar Liga Champions musim ini. Ini merupakan pencapaian prestasi bersejarah bagi klub asal Spanyol tersebut yang baru pertamakalinya ikut nimbrung berbicara sampai di level tersebut.

Pemilik Chelsea, Roman Abramovich sendiri sepertinya ingin merekrut pelatih yang menghargai kedispilinan tinggi dan memiliki kerja sama yang baik dalam tim. Keinginan si bos agaknya merujuk pada sosok Pellegrini yang memang  terkenal sebagai pribadi dengan disiplin tinggi.

Rumor masuknya Pellegrini menggantikan Benitez sebenarnya justru muncul untuk menggeser Rafa yang ketika itu sedang menangani Liverpool 2010 silam. Namun isunya, akan masuknya Pellegrini di Anfield ditolak kiper The Reds, Pepe Reina. Rencana tersebut akhirnya batal.  

Pellegrini yang kini berusia 59 tahun itu mempunyai catatan prestasi yang lebih bagus dari Rafa. Paling tidak, 5 gelar juara telah diraihnya saat menangani 12 klub. Suatu reputasi pelatih yang mengesankan. Ketika melatih Villareal, klub Kapal Selam Kuning itu berhasil menjadi debutan menjajaki betapa bergengsinya panggung Liga Champions.

Ditilik dari bidang akademisnya, Pellegrini bukanlah orang sembarangan. Pelatih berwajah dingin itu menggenggam gelar sarjana bidang teknik sipil. Entah ada kaitannya atau tidak, insinyur sipil ini memang sangat detil dan teliti dalam menerapkan strategi bagi skuatnya. Lihat saja bagaimana Malaga menghadapi tim kuat Porto di leg pertama, 19 Februari lalu, meski kalah 0-1 di laga tandang.

Strategi Pellegrini masih akan diuji lagi saat skuatnya menjadi tuan rumah menjamu Porto, 14 Maret mendatang. (Vin) 




(DM/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.