Sukses

Aneh, Timnas Indonesia Tanpa Pelatih Kiper

Posisi ini justru ditangani langsung oleh Blanco yang seharusnya mengurusi seluruh taktik danl latihan tim.

Timnas Indonesia Pra-Piala Asia (PPA) 2015 untuk sementara istirahat latihan. Ini dikarenakan PSSI sedang bekonsentrasi untuk menyelenggarakan Kongres Luar Biasa (KLB) di Hotel Borobudur, Minggu (17/3/13). Latihan bakal kembali dimulai Senin (18/3/113).

Dari beberapa kali latihan yang sudah digelar, termasuk konflik antara pelatih Luis Manuel Blanco dan pemain ISL, tidak tampak seorang pelatih kiper. Posisi ini justru ditangani langsung oleh Blanco yang seharusnya mengurusi seluruh taktik danl latihan tim. Ini sedikit aneh dan tidak lazim.

Di seleksi timnas PPA, Blanco menghadirkan enam orang kiper. Namun, ketidakhadiran pelatih kiper, justru menimbulkan masalah lain. Denny Marcel dan Syamsidar merasakan hal tersebut. Blanco turun langsung dalam melatih dua penjaga gawang tersebut.

Pelatih asal Argentina itu menerapkan latihan menangkap bola dengan teknik jump dan catch dalam sebuah area segi empat, dibatasi oleh tiang-tiang dan tali yang tingginya hingga pinggang orang dewasa. "Kaget juga dengan cara Blanco melatih. Saya baru dua hari gabung timnas, tapi belakangan mulai paham. Pola latihan Blanco sama dengan pelatih lokal. Perbedaannya hanya ada pada latihan fisik saja sedikit," ujar Denny.

Kiper Mitra Kukar, Syamsidar yang baru bergabung mengikuti pelatnas timnas pada Kamis (14/3) sore, juga mengeluhkan ketidakhadiran seorang pelatih kiper di timnas Indonesia. "Agak kaget soalnya Blanco yang langsung latihan kiper tanpa pelatih kiper. Sedikit berat dan capek, sudah lama tidak latihan seperti itu. Ya tunggu saja nanti, ada atau tidak," ujarnya.

Selain tak memiliki pelatih kiper, dua kiper yang dipanggil, justrus sudah absen sebelum datang ke Jakarta. Endra Prasetya (Persebaya 1927) tak berangkat dengan alasan masih sakit, begitu juga dengan Jandia Eka Putra (Semen Padang) yang gagal bergabung lantaran cedera.

Jandia mengalami cedera kepala pasca tampil babak penyisihan grup E AFC Cup 2013, saat melawat ke kandang Churcill Brothers, di Stadion Balewadi, India, pada Rabu (13/3).


Kiper Yang dipanggil Badan Tim Nasional :
Kurnia Meiga (Arema Indonesia), Syamsidar (Mitra Kukar), I Made Wirawan (Persib Bandung), Jandia Eka Putra (Semen Padang), Endra Prasetya (Persebaya 1927), Deny Marcell (PSM Makasar)

Pelatih Kiper Timnas Senior 10 tahun terakhir

2000-2001:Sudarno
2002-2004:Sudarno
2004-2007:Sudarno
2007: Eddy Harto
2008-2010 :Sudarno
2010-2011 :Eddy Harto
2012: Djarot Supriyadi
2013: ?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini