Sukses

Kiper Utama Timnas Indonesia Masih Dirahasiakan

Kurnia Meiga, Syamsidar, dan I Made Wirawan sama-sama berpeluang menjadi penjaga gawang utama saat Timnas Indonesia meladeni Arab Saudi di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, besok malam.

Siapa yang akan mengawal gawang Timnas Indonesia saat menghadapi Arab Saudi belum diketahui. Saat ini ada tiga penjaga gawang atau kiper yang dimiliki Timnas Indonesia. Mereka adalah Kurnia Meiga (Arema Indonesia), I Made Wirawan (Persib Bandung), dan Syamsidar (Mitra Kukar).

Indonesia bakal menjamu Arab Saudi dalam laga kedua Pra Piala Asia 2015 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Sabtu (23/3/13) malam WIB.

"Kiper yang ada sama-sama memiliki keunggulan. Mental semuanya juga ok," kata Alan Haviludin, Pelatih Kiper Timnas Indonesia, usai latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Jumat (22/3/13).

Untuk menentukan siapa yang layak jadi kiper utama, tambah Alan, selain masalah keunggulan pemain dan mental juga ditentukan siapa dinilai paling siap. Hal ini ditentukan menjelang pertandingan. "Kami hanya menyiapkan pemain saja. Keputusan terakhir ada di tangan pelatih kepala (Rahmad Darmawan)," ucapnya.

Dalam beberapa latihan, Rahmad Darmawan memang terus merotasi tiga kiper. Namun jika dilihat dari frekuensinya, Kurnia Meiga paling banyak diberikan kesempatan mengawal gawang timnas.

Kurnia Meiga menjadi pilihan utama saat Timnas Indonesia berlaga di SEA Games 2011. Begitu juga Syamsidar dan I Made Wirawan. Kedua kiper ini juga sudah beberapa kali menjadi andalan timnas. Dengan demikian, peluang ketiga pemain untuk menjadi penjaga gawang utama timnas masih sama.

"Memang Made Wirawan sempat cedera. Tapi melihat perkembangannya saat pelatnas menunjukkan peningkatan. Ia kiper yang bagus," ujar Alan.

Sementara itu, Pelatih Rahmad Darmawan belum juga mengumumkan lima pemain yang dicoret. Bersama Jacksen F Tiago, pelatih yang akrab disapa RD itu tetap mempertahankan 28 pemain yang ada. Padahal, batas maksimal pemain yang harus didaftarkan menjelang pertandingan hanyak 23 pemain.(Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini