Menpora: Pelaksanaan Islamic Solidarity Games Ditunda

By a.yani

on Apr 01, 2013 at 15:35 WIB

Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo memastikan pelaksanaan Islamic Solidarity Games (ISG) ditunda hingga Oktober. Menpora mengaku sudah mendapatkan laporan dari KOI, Gubernur Riau Rusli Zainal, dan tim teknis dari Kemenpora. "Inti laporannya agar mengundurkan penyelenggaraan ISG dengan beberapa pertimbangan," kata Roy, Senin (1/4/13).

Semula, ajang kompetisi antar-negara Islam itu akan digelar pada 6-17 Juni 2013 di Pekanbaru, Riau. Namun, menjelang pelaksanaan yang semakin dekat, persiapan ISG didera berbagai persoalan, baik ketidaksiapan beberapa sarana dan prasarana serta masalah hukum.

Menurut Menpora ada sejumlah poin yang menjadi pertimbangan agar pelaksanaan ISG sebaiknya ditunda. "Misalnya soal adanya lelang atau tender peralatan yang diselenggarakan 45 hari kedepan, Berarti, kalau diukur dari sekarang maka selesai lelang kemudian saat digunakan waktunya tinggal sepuluh hari lagi. Waktunya terlalu mepet," jelas Roy.

Ia melanjutkan, pemerintah juga tidak mau mengubah aturan dengan menerbitkan peraturan pemerintah atau peraturan menteri untuk percepatan ISG karena itu bisa mengakibatkan gugatan. Selain itu masih ada masalah prinsip dalam penyelenggaraan ISG yang belum ada solusinya hingga saat ini.

"Jadi kemungkinan pelaksaan ISG baru bisa dilaksanakan pada Oktober," kata Roy dengan mempertimbangkan kalender untuk bulan Ramadhan dan memperhitungkan terjadinya pergantian pimpinan daerah di Riau pada bulan September.(ANT)
Suka artikel ini?
a.yani
a.yani

  Full bio »

0 Comments