Sukses

Menpora: Pelaksanaan Islamic Solidarity Games Ditunda

Pelaksanaan Islamic Solidarity Games (ISG) ditunda hingga Oktober. Menurut Menpora, Roy Suryo, ada sejumlah poin yang menjadi pertimbangan agar pelaksanaan ISG sebaiknya ditunda.

Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo memastikan pelaksanaan Islamic Solidarity Games (ISG) ditunda hingga Oktober. Menpora mengaku sudah mendapatkan laporan dari KOI, Gubernur Riau Rusli Zainal, dan tim teknis dari Kemenpora. "Inti laporannya agar mengundurkan penyelenggaraan ISG dengan beberapa pertimbangan," kata Roy, Senin (1/4/13).

Semula, ajang kompetisi antar-negara Islam itu akan digelar pada 6-17 Juni 2013 di Pekanbaru, Riau. Namun, menjelang pelaksanaan yang semakin dekat, persiapan ISG didera berbagai persoalan, baik ketidaksiapan beberapa sarana dan prasarana serta masalah hukum.

Menurut Menpora ada sejumlah poin yang menjadi pertimbangan agar pelaksanaan ISG sebaiknya ditunda. "Misalnya soal adanya lelang atau tender peralatan yang diselenggarakan 45 hari kedepan, Berarti, kalau diukur dari sekarang maka selesai lelang kemudian saat digunakan waktunya tinggal sepuluh hari lagi. Waktunya terlalu mepet," jelas Roy.

Ia melanjutkan, pemerintah juga tidak mau mengubah aturan dengan menerbitkan peraturan pemerintah atau peraturan menteri untuk percepatan ISG karena itu bisa mengakibatkan gugatan. Selain itu masih ada masalah prinsip dalam penyelenggaraan ISG yang belum ada solusinya hingga saat ini.

"Jadi kemungkinan pelaksaan ISG baru bisa dilaksanakan pada Oktober," kata Roy dengan mempertimbangkan kalender untuk bulan Ramadhan dan memperhitungkan terjadinya pergantian pimpinan daerah di Riau pada bulan September.(ANT)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.