Jacksen F Tiago Tangani Timnas Senior, Blanco Turun Kasta

  • Liga Indonesia
  • 0
  • 18 Apr 2013 17:31

jacksen-tiago-130418c.jpg
Jacksen F Tiago terpilih menjadi pelatih kepala timnas senior Pra Piala Asia (PPA) 2015. Penunjukan Jacksen yang kini merupakan pelatih Persipura ini dilakukan langsung oleh Ketua Badan Tim Nasional (BTN), La Nyalla Matalitti dalam rapat BTN, Kamis (18/4/13).

"Timnas senior dipegang Jacksen F Tiago. Saya sudah bicara ke manajemen Persipura dan mereka setuju. Mengenai perangkat tim yang akan membantunya, saya serahkan ke Jacksen," kata La Nyalla kepada wartawan.

Dipilihnya Jacksen juga dianggap sebagai jalan tengah dalam mengakomodasi adanya dua keinginan berbeda soal siapa yang melatih timnas senior. Ketua Umum Djohar Arifin seperti diketahui ingin mempertahankan Luis Manuel Blanco. Sedangkan Exco menginginkan Alfred Riedl.

"Keputusan harus segera diambil karena waktu persiapan sangat mepet. Soal kapan pelatnas dimulai, saya harus berkoordinasi dulu dengan PT Liga Indonesia. Saya tak mau grasa-grusu juga," tandasnya.

BTN  menegaskan tak ada masalah personal dalam penunjukan Jacksen. Sementara itu, BTN memutuskan Blanco bertugas menangani  timnas U-19. Blanco diminta untuk memaparkan programnya kembali khusus mengenai timnas U-19. Blanco seakan turun kasta dari semula diproyeksikan latih timnas senior.

Jacksen sebelumnya pernah juga menangani timnas. Namun ia berduet dengan Rahmad Darmawan. Keduanya menangani Garuda Senior di partai Kualifikasi Piala Asia melawan Arab Saudi. Jacksen disebutkan La Nyalla akan fokus melatih timnas. "Dia fokus melatih timnas. Jadi, Persipura akan mencari pelatih baru," tuturnya.

Staf Pelatih Timnas di Berbagai Kelompok Umur

Timnas Senior
Pelatih: Jacksen F Tiago
Asisten: ?

Timnas U-23
Pelatih: Rahmad Darmawan dan Aji Santoso
Asisten: ?

Timnas U-19
Pelatih: Luis Manuel Blanco (Tentatif)
Asisten: Indra Syafrie

Credit: Bek

Terpopuler