Sukses

Blanco Tolak Latih Timnas U-19, La Nyalla Persilakan Pulang

Blanco mengakui saat ini memang ada beberapa pihak yang meragukan karier kepelatihannya.

Pelatih asal Argentina, Luis Manuel Blanco menolak tawaran Ketua Badan Tim Nasional (BTN) La Nyalla Mahmud Mattalitti untuk melatih di Tim Nasional Indonesia U-19. Ini dikatakannya karena dirinya telah terikat kontrak dua tahun melatih timnas senior.

"Kedatangan saya untuk melatih Timnas Indonesia. Kemudian saya ditawari untuk melatih timnas U-19, tapi saya mempunyai kontrak dua tahun melatih timnas senior," kata Blanco, saat jumpa pers di Kantor BTN di Istora Senayan, Jakarta, Senin (22/4/13).

La Nyalla membuat keputusan untuk mengganti posisi pelatih kepala Timnas Senior. Dia menunjuk pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Thiago untuk menangani timnas.Keputusan itu dibuat dengan alasan Blanco belum menyampaikan program timnas kepada BTN dan tak punya pengalaman.

"Saya tidak pernah mengalami hal seperti ini, saya sangat kaget dengan ini. Bahkan, berat badan saya sampai turun 8 kg. Saya hanya ingin membangun timnas Indonesia tanpa adanya unsur politik," kata Blanco.

Blanco mengakui saat ini memang ada beberapa pihak yang meragukan karier kepelatihannya. "Tapi saya tegaskan, saya pernah melatih klub yang berlaga di Coppa Libertadores dan Liga Champions Eropa (Dynamo Tirana). Jadi, kualitas saya seharusnya tidak diragukan," ujar Blanco.

Sementara itu, La Nyalla tak menghiraukan penolakan Blanco ini. Dia bahkan mempersilakan pelatih asal Argentina ini untuk pulang ke negaranya. "Kalau dia (Blanco) tidak mau (menjadi pelatih timnas U-19), ya silakan pulang," kata La Nyalla kepada media, sembari menyatakan Indra Sjafrie menjadi pelatih kepala timnas U-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini