Saya Ingin Persib Bisa Boyong Ronaldo dan Messi

  • Wawancara
  • 0
  • 23 Apr 2013 18:30

dirigen-persib-130423b.jpg
Keberadaan suporter bagi sebuah klub sepakbola identik dengan hubungan penggemar dengan artis penyanyi. Pendukung atau penggemar bagaikan urat darah yang menghidupkan dan mampu memberikan spirit bagi klub. 

Suporter Persib Bandung yang dikenal dengan sebutan Bobotoh itu pun menjadi bagian tak terpisahkan dari Maung Bandung. Viking yang beranggotakan sekitar 500 ribu orang itu bahkan disebut-sebut sebagai suporter loyal Pangeran Biru yang amat fanatik. Hitam putihnya tingkah laku para Bobotoh sedikit banyak tergantung pada pembinaan yang diberikan para tokoh Viking dan juga klub tempatnya bernaung. Karena hubungan mereka merupakan simbiosis mutualistis. 

Yana Mulyana adalah salah satu tokoh Viking yang juga lama menjadi Bobotoh. Di kalangan Bobotoh, Yana dikenal sebagai dirigen Viking. Berikut petikan wawancara Liputan6.com dengan Yana Mulyana di sela-sela laga bigmatch Persib Bandung versus Arema Malang, Sabtu (20/4/13) di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung.

Bagaimana Anda melihat euforia para Bobotoh menyambut pertandingan Persib Bandung kontra Arema Indonesia saat ini?

Ini adalah perayaan yang sebenarnya biasa terjadi jika Persib berlaga kandang. Karena, semua warga Bandung dan tentunya bobotoh menyambut pertandingan Persib dengan antusias.

Sepanjang perjalanan menuju Stadion Si Jalak Harupat, antusiasme masyarakat begitu besar terhadap laga bigmatch Persib versus Arema. Apakah sambutan serupa juga dilakukan bobotoh saat Persib bertanding melawan klub lain?

Tidak, karena masyarakat Bandung sangat menunggu jika Persib berlaga. Karena menurut mereka, jika Persib bertanding akan membawa berkah bagi masyarakat. Salah satu contoh ketika warga sekitar bisa memanfaatkan lahannya untuk tempat parkir dan membuat berkah bagi semua orang.

Siapakah pemain favorit Anda di skuat Persib saat ini?

Kalau masalah favorit yang ada di Persib, sejujurnya tidak ada. Karena semua pemain dapat datang dan pergi di Persib, jadi saya jujur tidak ada pemain favorit. Tapi kalau boleh mengatakan saya suka dengan gaya permainan Firman Utina.

Bagaimana menurut Anda prediksi untuk Persib di akhir musim ini?

Saya yakin Persib dapat menjadi Juara Indonesia Super League (ISL) pada akhir musim ini, walaupun banyak tim yang saat ini kekuatannya cukup merata. Tapi saya sekali lagi katakan bahwa kami akan mampu menjadi juara di akhir musim ini.

Jika melihat kekuatan Persib saat ini, adakah kekurangan dalam skuat Djajang Nurdjaman di musim ini?

Persib saat ini sangat memiliki kekurangan di lini belakang, karena dari 15 pertandingan Persib sudah kebobolan 20 gol. Jadi saya menilai lini pertahanan Persib menjadi titik terlemah pada musim ini.

Bandung kini memiliki tiga stadion besar, Si Jalak Harupat, Gede Bage, dan Siliwangi. Menurut Anda, stadion mana yang paling mengesankan?

Saya melihat Stadion Gede Bage cukup bagus tinggal tahap penyelesaian dari rumput stadion dan beberapa fasilitas penunjang lainnya. Tapi, Jalak Harupat juga lumayan bagus dari segi fasilitas dibanding Siliwangi.

Siapakah pemain yang Anda harapkan untuk bergabung dengan Persib pada putaran kedua nanti?

Kalau saya sih berharap Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dapat didatangkan ke Persib pada putaran kedua, kalau semua itu bisa saja. Tapi saya berharap Messi dan Ronaldo berada di Persib pada putaran kedua untuk memperkuat Persib, supaya dapat lebih tangguh lagi.

Credit: Vin

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler